PAFI Di Era Teknologi Digitalisasi Saat Ini

Dalam perkembangan dunia yang sekarang semakin digitalisasi. Dimana hampir semua aspek sekarang semakin berkembang, termasuk di dunia farmasi. Perkembangan dari dunia teknologi informasi dan komunikasi kini sudah berhasil hadirkan perubahan yang semakin bagus.

Perubahan teknologi yang semakin signifikan ini membuat dunia farmasi juga semakin berkembang. Seperti perkembangan di aspek pelayanan kesehatan, sampai informasi yang mudah di dapatkan.

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia sebagai organisasi profesi di dunia farmasi turut memanfaatkan kemajuan era teknologi saat ini. PAFI yang menaungi banyak tenaga medis kefarmasian seluruh Indonesia ini menggunakan teknologi menjadi sarana peningkatan kualitas layanan dan informasi di seluruh Indonesia.

Era digitalisasi ini sudah menjadi tantangan tersendiri untuk organisasi agar tetap eksis. Seperti http://pafiblitarkota.org/ ini yang hadir dengan membuat website barunya.

Peran PAFI Dalam Digitalisasi Farmasi

Digitalisasi tidak hanya merubah cara kerja farmasi itu sendiri, akan tetapi juga membuat peluang baru untuk semakin akurasi, efisiensi dan aksesbilitas layanan semakin mudah.

Adapun contoh beberapa pengaruh digitalisasi farmasi yang melibatkan perkembangan teknolgi digital di segala aspek kefarmasian. Seperti semakin mudahnya manajemen informasi kesehatan, otomatisasi proses berada di apotik, sampai dengan penggunaan aplikasi mobile yang berguna untuk memberikan informasi kepada konsumen atau masyarakat. Ada juga inovasi penebusan obat/ resep dari pasien.

Perlu di ketahui adapun beberapa peran digitalisasi dari PAFI untuk peningkatan di segala aspek berikut ini.

  • Peningkatan kompetensi tenaga teknis kefarmasian

PAFI yang kini juga mengikuti perkembangan pesat digitalisasi berhasil meingkatkan kompetensi tenaga teknis kefarmasian. Para tenaga farmasi tersebut mengikuti beberapa program pelatihan dan pendidikan.

PAFI juga menyelenggarakan beberapa program yang berfokus untuk memahami perkembangan teknologi agar keberadaan PAFI ini bisa diterima di era digitalisasi. Beberapa program yang sudah di laksanakan seperti pelatihan penggunaan software, pelatihan sistem informasi manajemen apotek, dan pelatihan aplikasi mobile untuk pelayanan farmasi.

 

  • Regulasi dan Standardisasi

PAFI juga mempunyai peran sangat penting dalam mengembangkan dan mengimplementasikan regulasi dan standart yang relevean menggunakan digitalisasi farmasi.

Adapun standardidasi ini meliputi prosedur operasional baku atau SOP guna untuk penggunaan teknologi berada di protocol keamanan data pasien, stok apotek, dan aturan konsultasi farmasi online.

Dengan adanya standardisasi yang jelas dan mudah dipahami ini kualitas dan keamanan layanan farmasi digital bisa terjaga dengan baik.

  • Kolaborasi dan Inovasi

PAFI sudah berperan besar menjadi fasilitator mendorong inovasi dan kolaborasi di antara tenaga medis dalam dunia farmasi, apoteker, pengembang teknologi, serta intitusi pendidikan.

Berada di beberapa forum seminar, diskusi dan konferensi, PAFI hadir menjembatani beberapa pemangku kepentingan untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengimplementasikan teknolgi di bidang farmasi.

  • Kebijakan Publik dan Advokasi

Dalam rangka mengembangkan teknologi digital, PAFI Pusat juga aktif dalam advokasi dan Menyusun kebijakan publik. Organisasi kefarmasian ini bisa memberikan masukan kepada pemerintah tentang kebutuhan regulasi yang adaptif bersamaan dengan perkembangan teknologi.

Selebihnya peran PAFI ini juga sangat penting dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat dan cara layanan farmasi secara digital yang aman.

Jadi keberadaan http://pafiblitarkota.org/ ini juga sangat dibutuhkan di perkembangan teknologi saat ini. Agar tidak terjadi kesalahan atau hal yang tidak sesuai dengan kefarmasian. Karena perkembangan teknologi saat ini jika tidak di imbangi maka bakal terbentur dengan kesenjangan akses informasi layanan digital di beberapa daerah.

Check Also

Rahasia Sukses UMKM, Maksimalkan Potensi Sampel Gratis dalam Strategi Pemasaran

Rahasia Sukses UMKM, Maksimalkan Potensi Sampel Gratis dalam Strategi Pemasaran

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), …