Situs https://ekinerja.langkatkab.go.id/integritas/ adalah salah satu upaya dan dukungan total terkait pembebasan korupsi dari sistem pemerintahan. Langkat ditunjuk menjadi kabupaten integritas yang diberikan kesempatan mewujudkan hal tersebut.
Permasalahan korupsi yang sudah mengakar dari zaman dahulu hingga saat ini membutuhkan penanganan tepat. Salah satu hal yang bisa diupayakan adalah menjalankan reformasi birokrasi supaya pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih tepat sasaran.
6 Fokus Reformasi Birokrasi di https://ekinerja.langkatkab.go.id/integritas/
Kepercayaan yang diamanatkan kepada Kabupaten Langkat membawa kami pada tanggung jawab begitu besar. Berdasarkan pada tanggung jawab tersebut maka kami membagi 6 fokus reformasi birokrasi ke dalam beberapa area atau wilayah kerja berikut!
1. Pengelolaan Terhadap Perubahan
Fokus pertama yang diupayakan untuk menciptakan pelayanan maksimal kepada masyarakat dimulai dari internal pegawai. Para pegawai di Kabupaten Langkat berupaya untuk menciptakan budaya kerja yang menyenangkan dan transparan.
Perbaikan ke arah lebih baik dari internal pekerja akan menciptakan hal positif bagi publik yang dilayani. Kantor kabupaten yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat Langkat tentu harus selalu prima dan maksimal bekerja setiap harinya.
Melalui budaya kerja positif dan lebih baik di internal kantor kabupaten maka diharapkan bisa tertular saat pelayanan publik. Semakin positif budaya dari dalam maka semakin positif juga cerminan pelayanannya.
2. Desain Pelaksanaan
Tiga hal yang kami kedepankan dalam pengelolaan tata laksana, yakni efektivitas, efisiensi, dan transparansi SOP. Tiga hal tersebut menjadi landasan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Langkat untuk setiap kebutuhannya.
Efisiensi dan efektivitas dapat diupayakan melalui berbagai layanan daring yang diharapkan bisa diakses semua orang. Transparansi SOP juga akan lebih mudah dibagikan melalui situs resmi maupun berbagai media yang penyebarannya cepat.
Transparansi seluruh kinerja yang berhubungan dengan masyarakat dapat meningkatkan kepercayaan publik. Setiap hal baik dimulai dari atas agar dapat ditiru oleh orang-orang yang dinaunginya.
3. Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia di Kabupaten Langkat atau para ASN yang secara resmi dipilih oleh negara akan dibina sebaik mungkin. Setelah mereka menempati posisi-posisi strategis di pemerintahan Langkat maka kami bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitasnya.
ASN yang bergerak di bidang digitalisasi tentu harus dibekali kemampuan mengelola teknologi digital yang baik. Sementara ASN yang berhubungan langsung dengan pelayanan ke masyarakat harus dibekali ilmu pelayanan yang baik agar masyarakat merasa puas.
Sumber daya manusia atau ASN adalah faktor paling utama yang menentukan kemajuan sistem pemerintahan. Semakin berkualitas ASN maka semakin bagus juga pemerintahannya yang akan menebarkan hal positif bagi seluruh masyarakat Langkat.
4. Akuntabilitas Kinerja yang Diperketat
Pegawai pemerintahan yang bekerja untuk negara tentunya memiliki tanggung jawab besar terhadap rakyat. Menyadari hal tersebut maka kami akan berupaya melaporkan setiap kinerja yang dilakukan sebagai pertanggungjawaban kepada rakyat Langkat.
Pelaporan tersebut dapat digunakan sebagai pengukuran kinerja ASN Kabupaten Langkat agar dapat diawasi ketat oleh rakyat. Melalui salah satu upaya ini diharapkan tindak korupsi dapat dicegah dan birokrasi menjadi lebih transparan serta lebih baik.
Pemantauan terhadap kinerja yang ketat dapat menjadi batas-batas untuk hal-hal yang tidak diperkenankan. Pegawai pemerintahan di Langkat senantiasa diingatkan melalui batasan-batasan tersebut.
5. Fokus Terhadap Pengawasan
Kinerja yang secara rutin dilaporkan masih harus diawasi secara ketat juga agar hasilnya lebih optimal. ASN Kabupaten Langkat berkomitmen tidak akan menerima suap dan segala tindakan sekecil apapun yang mengindikasikan hal tidak profesional.
Upaya dari pegawai pemerintahan ini diharapkan juga dipatuhi oleh seluruh masyarakat Langkat. Apabila ASN dengan sekuat tenaga memberikan kerja jujur maka diharapkan masyarakat juga menjunjung tinggi kejujuran dan peraturan yang ada.
Peran penting rakyat sebagai pengawas sangat menentukan kemajuan birokrasi di Langkat. Ketika semua pihak bisa bekerja sama maka akan lebih mudah mewujudkan pemerintahan anti korupsi, terkhususnya di Langkat.
6. Memperbagus Layanan Masyarakat
Hal paling penting dan yang paling diharapkan serta paling berdampak untuk masyarakat adalah pelayanan ke publik. Serangkaian desain terbaik yang kami laksanakan dalam internal kantor Kabupaten Langkat tidak akan ada hasilnya tanpa praktik ke lapangan.
Segala bentuk rencana ideal yang dirapatkan oleh para pegawai pemerintahan harus dieksekusi dengan sebaik mungkin. Penilaian terhadap bagus dan tidaknya kinerja pemerintah Langkat ke hadapan masyarakat ada pada jawaban masyarakat sendiri.
Layanan kepada masyarakat adalah hasil dari seluruh rencana yang disusun dari pusat sampai ke daerah. Layanan yang dimaksud bisa dalam berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, transportasi, juga termasuk alat komunikasi daerah.
Zona integritas atau disingkat menjadi ZI adalah salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk membersihkan sistem pemerintahan Indonesia. Tidak dapat dimungkiri bahwa budaya korupsi dari atas hingga ke bawah sudah sangat mengakar.
Bukan hanya pemerintahnya yang harus disadarkan, melainkan juga rakyatnya harus diberikan edukasi. Melalui https://ekinerja.langkatkab.go.id/integritas/ ini Pemerintah Kabupaten Langkat ingin menyebarluaskan upaya menciptakan Wilayah Bebas Korupsi di Langkat.
Sumber: