Kenapa Laptop Tiba - Tiba Mati Total

Kenapa Laptop Tiba – Tiba Mati Total?

Mengalami masalah laptop yang tiba – tiba mati total? Kalau hal tersebut yang terjadi, kamu harus tahu penyebab kenapa laptop tiba – tiba mati total.

Baca juga : Jasa Servis Laptop Mati Total di Wilayah Malang Terpercaya

Ada begitu banyak sebab yang mengakibatkan laptop akhirnya mengalami mati total. Cara mengatasinya pun beragam karena cara mengatasi laptop yang mati total perlu disesuaikan dengan penyebab dan masalahnya. Informasi lebih lengkap tentang hal tersebut, cek dan simak  informasi berikut ini ya!

Kenapa Laptop Tiba – Tiba Mati Total? Penyebab dan Cara Mengatasinya

  1. Baterai laptop bermasalah

Kenapa laptop tiba – tiba mati total? Hal pertama yang bisa menjadi masalah sehingga laptop mengalami kondisi mati total adalah karena baterainya yang bermasalah.

Baterai laptop bisa jadi sudah tidak berfungsi lagi karena penggunaan adaptor yang tidak sesuai atau bahkan keseringan mati akibat lupa nge-charge. Cara mengatasinya, jika hal ini terjadi adalah dengan mengganti baterai laptop tersebut.

  1. Adaptor laptop bermasalah

Bukan hanya baterai yang bisa bermasalah, adaptor laptop juga bisa bermasalah. Jika adaptor laptop bermasalah, tentu pengisian daya baterai tidak akan berhasil. Jika hal tersebut terjadi, solusinya adalah mengganti adaptor dengan yang baru.

  1. Masalah pada prosesor

Prosesor yang rusak dapat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Selain itu, prosesor yang mengalami kerusakan juga mengakibatkan laptop mati total tiba – tiba.

Overheating, heatsink, fan yang mengalami masalah, sampai dengan prosesor kering menjadi beberapa di antara penyebabnya. Jika masalah ini terjadi, kalian dapat membawa laptop ke tempat servis dan kemudian ganti pasta prosesornya.

  1. RAM bermasalah

Tak hanya prosesor, RAM juga menjadi salah satu komponen penting yang mendukung kinerja laptop. Fungsi dari RAM sendiri adalah untuk menyimpan data sementara atas aplikasi pada laptop yang sedang dijalankan.

Kalau RAM bermasalah, tentu proses pengolahan data akan mengalami kegagalan dan menjadi salah satu penyebab layar laptop menjadi blank. Kalau hal tersebut terjadi, solusi mengatasinya adalah membersihkan pin RAM, kemudian pasanglah kembali di bagian soketnya.

  1. Mainboard yang bermasalah

Mainboard juga menjadi piranti penting dari sebuah laptop dalam kinerjanya. Kalau bermasalah, maka laptop juga akan kehilangan fungsinya. Solusinya, cek dan pastikan dulu semua komponen mainboard tidak ada yang terbakar karena kalau ada yang terbakar maka komponen tersebut harus segera diganti.

Sementara kalau komponen mainboard-nya tidak ada yang terbakar, maka hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan setiap komponennya satu per satu.

  1. Power yang bermasalah

Penyebab lain dari laptop mati total bersumber dari komponen power. Jika ada masalah dengan komponen power tersebut pada laptop, maka aliran daya ke laptop akan terhambat,

Jadi, coba periksa di bagian soket DC laptop. Pastikan bahwa tak ada masalah dengan IC power laptop. Jika memang setelah diperiksa ada masalah, bawa laptop sesegera mungkin ke tempat servis terpercaya.

  1. Laptop terserang virus atau malware

Penyebab terakhir mengapa laptop mati total tiba – tiba adalah karena laptop terserang malware atau virus. Apa itu malware?

Malware adalah perangkat lunak yang dapat menebarkan virus pada laptop sehingga perangkat akhirnya mati total dan bahkan mengalami kegagalan sistem atau kerusakan sistem. Untuk mengatasinya, pastikan selalu mengupdate software pada laptop demi menjaga keamanan dan mencegah malware masuk.

Demikian informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait kenapa laptop tiba – tiba mati total. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat ya.

Check Also

Ultimate Guitar Chords & Tabs

Ultimate Guitar Chords & Tabs Belajar gitar mudah dan praktis

Aplikasi belajar gitar sekarang sudah ada. Dengan adanya app seperti ini, maka Anda pun bisa …