Apa Itu Shutter Speed?

Pengertian Shutter Speed ​​– Bagi yang ingin memahami fungsi dari shutter speed kamera, mungkin sudah tahu bahwa fotografi adalah salah satu kegiatan hobi yang paling digemari saat ini. Semakin banyaknya media sosial yang ada menyebabkan banyak orang berlomba-lomba mengabadikan momen terbaik untuk diunggah ke media sosial. Jika hanya untuk kebutuhan media sosial, menggunakan kamera handphone saja sudah cukup untuk bisa menghasilkan foto yang bagus. Selain praktis, menggunakan kamera ponsel juga memudahkan untuk mengunggah ke media sosial. Menggunakan kamera handphone untuk aktivitas fotografi tidak perlu setting yang ribet. Anda hanya perlu menekan tombol kamera dan Anda dapat langsung mengambil gambar.

Namun jika Anda ingin mendapatkan foto dengan kualitas terbaik di kelas fotografer profesional. Anda bisa menggunakan kamera DSLR yang memiliki fitur lengkap salah satunya adalah fungsi shutter speed yang akan kita bahas kali ini. Untuk dapat menghasilkan foto dengan kualitas terbaik, Anda harus bisa mengoperasikan kamera DSLR dengan baik. Kamera DSLR memiliki beberapa mode. Salah satunya adalah mode kecepatan rana. Shutter speed merupakan salah satu komponen dari segitiga eksposur yang harus Anda ketahui fungsi dan pengaturannya.

Definisi Kecepatan Rana

Salah satu yang perlu Anda ketahui fungsinya dimenu kamera DSLR adalah shutter speed. Yang dimaksud shutter speed adalah kecepatan rana dengan kamera terbuka. Jika Anda menekan tombol rana, rana akan membuka dan menutup kembali berdasarkan kecepatan rana yang Anda pilih. Rana ini berhubungan dengan cahaya yang masuk ke kamera. Semakin cepat kecepatan rana, rana akan membuka dan menutup kembali dengan cepat sehingga lebih sedikit cahaya yang masuk. Begitu pula sebaliknya jika Anda menggunakan kecepatan rana lambat, rana akan terbuka lebih lama dan lebih banyak cahaya yang akan masuk ke kamera. Pengaturan shutter speed sangat mempengaruhi foto yang dihasilkan oleh kamera DSLR. Meski shutter speed bukan satu-satunya menu yang bisa menentukan hasil foto, mempelajari pengaturan shutter speed bisa memudahkan Anda menghasilkan foto yang berkualitas.

Shutter speed merupakan salah satu faktor penentu dalam proses pengambilan gambar menggunakan kamera DSLR. Untuk mencegah foto buram karena kamera atau goyangan tangan. Anda dapat menggunakan kecepatan rana yang cepat. Dengan mengatur kecepatan rana, menu lain juga harus menyesuaikan pengaturan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kecepatan rana menentukan jumlah cahaya yang masuk ke kamera. Jika menggunakan shutter speed yang cepat, cahaya yang masuk ke kamera akan lebih sedikit sehingga perlu menaikkan ISO atau memperbesar aperture kamera agar foto yang dihasilkan tidak gelap. Sebaliknya, jika Anda menggunakan kecepatan rana lambat, jumlah cahaya yang masuk ke kamera besar. Saat memotret dengan kecepatan rendah, Anda membutuhkan bantuan tripod agar foto tidak blur.

Jika Anda ingin menghasilkan foto yang lembut, pengaturan kecepatan rana adalah solusinya. Jika Anda ingin memotret pemandangan air terjun dengan air yang lembut, Anda dapat menggunakan kecepatan rana lambat untuk memberikan efek tekstur air yang lembut. Memotret dengan kecepatan lambat, Anda harus menggunakan tripod agar foto tidak goyang. Untuk menghasilkan foto yang bagus dan indah, Anda juga harus mengatur menu lain seperti ISO, aperture, exposure, dan lain-lain. Penggunaan shutter speed sangat tergantung pada kondisi dan kebutuhan Anda. Anda dapat mengatur jumlah cahaya yang masuk ke kamera dengan mengatur kecepatan rana kamera DSLR.

Shutter speed merupakan bagian dari menu kamera DSLR yang sangat penting untuk dipelajari tentang fungsi dan cara mengaturnya. Kecepatan rana sangat menentukan kecepatan rana dalam mengambil gambar objek. Banyak fotografer mengambil foto yang indah dengan menggunakan kecepatan rana lambat. Penggunaan shutter speed yang lambat biasanya digunakan untuk mengambil foto landscape yang indah. Saat memotret menggunakan kecepatan rana lambat, Anda harus menggunakan tripod agar foto yang dihasilkan tidak buram akibat goyangan kamera Anda. Foto yang dihasilkan menggunakan kecepatan rana lambat sangat indah dengan komposisi warna yang bagus. Anda juga harus mempelajari fungsi menu lainnya pada kamera DSLR untuk mendapatkan foto dengan komposisi yang tepat.

Facebook Comments

Check Also

Pengaturan ISO Manual Pada Kamera DSLR

Pengaturan ISO Manual Pada Kamera DSLR

Mempelajari sesuatu bukanlah hal yang instan dan juga mudah. Setidaknya dibutuhkan sedikit usaha atau kesabaran …