Cara Mengamankan Data Pengguna WhatsApp
Cara Mengamankan Data Pengguna WhatsApp

Cara Mengamankan Data Pengguna WhatsApp

Aplikasi media sosial WhatsApp pasti tidak asing lagi di telinga Anda, terutama yang selalu menggunakan aplikasi ini. Pasalnya aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan yang cukup populer dan digandrungi oleh semua orang. Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi yang cukup bagus dari segi menu yang cukup sederhana, tampilan menarik dan tidak sulit untuk digunakan. Maka tidak heran jika aplikasi ini menjadi aplikasi utama untuk berbagi pesan untuk digunakan semua orang. Namun dibalik kemudahan yang didapatkan pengguna dalam menggunakan aplikasi WhatsApp ini. Ada beberapa hal yang harus diketahui pengguna saat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Baca juga : Inilah Cara Hacker Meretas Akun Whatsapp Orang Lain

Two-Factor Authentication (2FA) sebagai pengaman tambahan

Dari segi keamanan, pengguna masih memiliki kekurangan yang akan merugikan penggunanya. Layaknya aplikasi WhatsApp dari segi tampilan memang cukup bagus dan menarik namun dari segi keamanan masih rentan di hack atau disusupi pihak ketiga. Dengan kata lain, angka, data dan rekam jejak yang sudah disimpan atau sudah Anda kirimkan rentan disalahgunakan oleh orang lain. Tentu hal ini menjadi perhatian para pengguna aplikasi WhatsApp.

Sehingga kejadian seperti itu tidak terjadi pada Anda sebagai pengguna aplikasi WhatsApp ini. Kami akan membagikan metode penggunaan aplikasi dengan aman dan tentunya pengguna tidak merasa dirugikan. Keamanan ini dengan mengaktifkan Two-Factor Authentication (2FA) yang akan mengamankan data pengguna. Karena dengan mengaktifkan security ini, data yang bisa membuatnya hanya pengguna yang bersangkutan.

Cara mengaktifkan Two-Factor Authentication (2FA). Anda bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini:

– Langkah pertama : masuk ke aplikasi WhatsApp kemudian klik pengaturan dan setelah itu muncul beberapa menu seperti akun, chat, notifikasi, penyimpanan data dan bantuan.

– Langkah kedua : setelah muncul sejumlah menu kemudian klik akun kata, maka akan muncul beberapa menu lagi, tetapi yang Anda pilih hanya satu dengan penulisan verifikasi dua langkah.

– Langkah ketiga : setelah dipilih dan klik pada teks verifikasi dua langkah, maka Anda akan diarahkan untuk mengaktifkan.

– Langkah keempat : setelah klik kata aktifkan, selanjutnya anda akan diminta menunggu notifikasi nomor 6 bit melalui nomor yang terdaftar di WhatsApp.

– Langkah kelima : setelah mengisi nomor notifikasi dengan benar, tunggu beberapa detik hingga prosesnya selesai. Dan jangan lupa kalian harus mengingat kodenya, dikhawatirkan akan ada notifikasi bahwa kalian akan disuruh mengulang pengaturan lagi.

Dengan mengaktifkan keamanan Two-Factor Authentication (2FA)ini, keamanan data di WhatsApp semakin terjaga dan terlindungi. Karena jika seseorang mencoba masuk ke WhatsApp, Two-Factor Authentication (2FA) Anda akan berfungsi. Dan kode di WhatsApp hanya untuk Anda sebagai pengguna yang mengetahuinya. Jadi jangan lupa untuk menyimpan dan mengingat kode keamanannya dengan cermat.

Bagaimana jika anda lupa dengan kode yang sudah anda miliki, anda tidak bingung dan langsung saja masuk kembali ke pengaturan dan reset lagi dengan mengaktifkan kembali. Setelah itu Anda akan mendapatkan pengaturan kode reset baru. Maka kode yang terlupa tidak akan dapat digunakan lagi karena telah direset dan diubah dengan kode yang baru saja Anda perbarui. Itulah pembahasan mengenai metode untuk mengamankan data di aplikasi WhatsApp Anda. Tanpa harus khawatir dan merasa lemas, data Anda akan diambil orang lain. Semoga artikel ini menjadi informasi bagi yang belum tahu cara mengamankan data dan belum tahu cara mengaktifkan Two-Factor Authentication (2FA) untuk keamanan WhatsApp Anda.

Facebook Comments

Check Also

Cara cek kuota Indosat ooredoo yang simpel

Cara cek kuota Indosat ooredoo yang simpel

Beda provider maka beda prosedur, namun pada dasarnya mempunyai layanan yang serupa. Untuk anda pengguna …