Cara menghilangkan jamur monitor bintik putih

Bagaimana cara menghilangkan jamur monitor bintik putih ? Bagi anda yang mempunyai monitor komputer atau TV pastinya akan mengalami masalah yang bernama polarizer.

Biasanya hal ini terjadi saat umur monitor yang sudah lebih dari 5 tahun keatas. Sedangkan pada monitor yang masih baru atau keluaran baru maka sangat kecil sekali terkena masalah seperti ini.

Dengan kata lain munculnya jamur atau bintik-bintik putih pada layar monitor komputer atau TV ini memang bisa terjadi karena adanya faktor usia.

Jalan terbaik memang langsung beli baru karena semua barang tua biasanya akan muncul banyak masalah. Namun pada beberapa kasus seperti munculnya bintik-bintik putih pada monitor ini masih dapat kita perbaiki.

Cara menghilangkan jamur monitor bintik putih

Ciri-ciri munculnya bintik putih atau yang menyerupai jamur putih pada layar monitor ini adalah akan terus menyebar memenuhi layar jika kita biarkan.

White spot atau bintik putih pada monitor ini akan sangat terlihat sekali ketika kita menggunakan background warna hitam pada layar.

Sedangkan background warna cerah seperti warna putih atau lainnya tidak akan terlalu terlihat. Untuk bisa memperbaikinya setidaknya ada dua cara yang bisa kita lakukan.

Pertama yaitu menggunakan software dan cara kedua yaitu kita mengganti hardware komponen monitor yang sudah rusak. Mari kita bahas dari cara yang pertama terlebih dahulu.

Menggunakan Software Pixelrepairer

Software Pixelrepairer ini bisa anda dapatkan dengan mudah melalui internet. Jika sudah dapat langsung saja jalankan software pixelrepairer ini untuk memperbaiki bagian layar yang ada bintik putihnya.

Adapun software ini bersifat portable, jadi tidak perlu install ke program file terlebih dahulu bagi anda yang menggunakan OS windows.

Cara menggunakan pixelrepairer sangatlah mudah, pertama jalankan software ini dengan klik kanan pilih run as administrator.

Klik tombol Search atau arahkan pada bagian layar yang terkena bintik putih, pilih warna solid dan setelah itu bisa pilih opsi repair.

Jika masih tidak berhasil maka berarti kita harus perbaiki dari komponen hardware monitornya langsung.

Mengganti Polarizer Monitor

Umumnya kerusakan monitor yang bergejala munculnya bintik putih atau bercak putih yang menyerupai jamur putih karena polarizer yang sudah rusak.

Polarizer adalah sebuah lapisan LCD yang fungsinya untuk membelokan cahaya agar bisa menghasilkan gambar yang bisa terlihat oleh mata kita.

Pada monitor yang umurnya sudah tua, biasanya filter polarizer ini akan menjadi rusak akibat faktor pemakaian dan panas dari monitor itu sendiri.

Pada umumnya setiap monitor LED PC jadul mempunyai dua lapisan polarizer yang letaknya ada di depan dan belakang TFT.
Nah, kerusakan monitor pada polarizer bisa terjadi pada bagian depan, belakang atau keduanya yang harus diganti baru.

Harga Polarizer untuk ukuran 19 inch – 32 inch berkisar sekitar 100 ribuan rupiah. Jadi apabila yang rusak hanya bagian belakangnya saja maka anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih sebesar 100 ribuan.

Tetapi karena faktor usia monitor yang sudah usang maka seringnya kedua polarizer ini baik bagian depan dan belakang harus diganti keduanya. Ini berarti total biayanya bertambah lagi menjadi 200 ribuan.

Dan itupun belum termasuk ongkos service jika anda tidak melakukannya sendiri melainkan menggunakan jasa service yang harganya bisa tembus hingga 500 ribuan.

Sebagai perbandingan saja bahwa harga monitor baru saat ini berkisar 1 jutaan hingga lebih dari 2 jutaan rupiah. Jadi alangkah baiknya sebelum mengambil keputusan maka hitung terlebih dahulu biaya yang harus dikeluarkan agar bisa lebih berhemat.

Facebook Comments

Check Also

Cara nonton youtube tanpa iklan

Begini Cara nonton youtube tanpa iklan supaya bisa langsung nonton video utamanya. Youtube yang sekarang …