Perbedaan Tiktok dan Tiktok lite serta Douyin

Perbedaan Tiktok dan Tiktok lite serta Douyin yang harus anda ketahui. Aplikasi populer jaringan sosial saat ini sudah tentu adalah Tiktok.

Sebuah platform video musik Tiongkok ini menjadi begitu disukai oleh banyak orang terutama kalangan remaja hingga dewasa muda.

Sebab tidak selalu membutuhkan keahlian khusus, hanya modal menggunakan musik yang menarik maka sudah bisa membuat konten video yang menarik dengan Tiktok.

Kepopuleran Tiktok telah mendunia dan bahkan telah berhasil menyaingi platform video seperti Youtube. Namun dengan keunikannya tersendiri maka keduanya masih banyak yang pakai.

Jika anda perhatikan lebih dalam, aplikasi sosial media bebasis konten musik video ini memiliki beberapa versi yang berbeda.

Sebut saja aplikasi Tiktok, Tiktok lite dan Douyin (Tiktok China), jika anda penasaran dengan ketiga perbedaan aplikasi tersebut maka silahkan simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan antara Tiktok dan Tiktok lite serta Douyin

1. Tiktok

Aplikasi Tiktok yang pertama adalah yang paling umum kebanyakan orang jumpai. Dari hasil pencarian Google play store maka aplikasi Tiktok versi biasa ini yang akan muncul untuk anda install ke smartphone.

Melalui aplikasi tersebut, anda bisa melihat berbagai konten video menarik tanpa harus melakukan login terlebih dahulu.

Namun jika ingin memberikan tanda love atau memberikan komentar pada video yang sedang anda tonton maka harus sudah punya akun Tiktok terlebih dahulu.

Begitu juga jika ingin membuat sebuah konten video dari aplikasi Tiktok maka harus melakukan login terlebih dahulu. Kelebihan aplikasi Tiktok ini sudah tentu bisa membuat konten video yang menarik dengan edit langsung dari aplikasi tanpa software pihak ketiga.

2. Tiktok Lite

Baru-baru ini bytedance sebagai developer resmi dari aplikasi Tiktok kembali meluncurkan aplikasi barunya yang bernama Tiktok Lite.

Versi lite ini hadir menawarkan performa aplikasi yang jauh lebih ringan ketika dijalankan melalui smartphone. Terutama smartphone Android yang memiliki spesifikasi rendah, baik itu kapasitas RAM yang kecil atau chipset standar.

Jadi pada dasarnya aplikasi tiktok lite ini mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi tiktok yang versi biasa. Segala video tiktok yang ingin anda lihat pada aplikasi biasa juga bisa anda lihat pada aplikasi yang versi lite.

Kehadiran aplikasi tiktok lite ini sebagai program kampanye dari bytedance agar bisa menjangkau lebih banyak user lagi dari seluruh dunia. Terutama user yang masih memiliki HP Android lama dengan spesifikasi yang rendah.

3. Douyin

Berbeda lagi dengan Douyin atau Tiktok China (Tiongkok), aplikasi ini tidak akan anda temukan sama sekali pada google play store.

Secara umum aplikasi Douyin ini mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi Tiktok pada umumnya. Namun bedanya terletak pada user itu sendiri.

Aplikasi Douyin hanya digunakan untuk user yang berasal dari negara Tiongkok, sedangkan aplikasi Tiktok lebih dikhususkan untuk user yang berasal dari luar Tiongkok.

Sebut saja Jepang, Korea selatan, Amerika, Indonesia dan negara lain selain Tiongkok maka bisa gunakan aplikasi Tiktok ini.

Perbedaan lain antara Douyin dan Tiktok yaitu dari segi bahasa pada menu aplikasinya. Douyin hanya mendukung bahasa mandarin, sedangkan tiktok sudah mendukung banyak bahasa seperti Inggris dan Indonesia.

Selain user yang berbeda, bahasa yang berbeda, website resminya juga berbeda. Website tiktok bisa anda akses melalui url www.tiktok.com, sedangkan douyin bisa anda akses melalui www.douyin.com.

Untuk mendapatkan file apk nya maka anda harus mengakses langsung dari situs resminya yang alamatnya ada di https://www.douyin.com/. Dari situs tersebut anda juga bisa menonton konten video menarik dari user-user asal Tiongkok.

Facebook Comments