Pengguna asuransi begitu terbantu dengan adanya klaim asuransinya. Cara mengklaim asuransi tidak selalu mudah, beberapa orang justru kesulitan atau bahkan tidak mendapat klaim yang diinginkan. Jangan sampai hal itu terjadi pada diri anda ya!
Cara Mengklaim Asuransi dengan Mudah
Untuk itu, anda bisa menyimak tips agar klaim asuransi anda diterima dengan mudah :
Siapkan identitas diri anda
Ketika anda memberikan kwitansi yang telah anda bayar untuk sesuatu, misalkan kesehatan atau tagihan biaya kerusakan kendaraan, pastikan anda juga menyertakan identitas anda dan mempersiapkan dengan fotokopian. Hal ini mempermudah pihak asuransi untuk mengecek asuransi anda dan memberikan respon pada permintaan klaim anda. Jika identitas anda tidak lengkap, pihak asuransi akan kesulitan, padahal jam kerja mereka tinggi, bukan tidak mungkin jika permintaan klaim anda akan disingkirkan.
Menjaga kwitansi anda
Pastikan kwitansi yang anda pegang masih dalam kondisi baik, terdapat tempat anda mendapatkan perawatan, harga yang anda bayarkan, dan tanda tangan atau stempel pihak pemberi kwitansi.
Waktu anda mengklaim
Segera lakukan klaim setelah anda melakukan perawatan. Klaim anda akan dianggap lebih valid jika waktu yang tertera lebih sedikit dari yang sudah dilakukan. Waktu ini dalam beberapa lembaga asuransi memiliki waktu standar yang berbeda. Pastikan anda mengetahui sesuai dengan asuransi anda ya!
Pilih layanan yang sesuai dengan asuransi anda
Ketika anda mendaftarkan diri pada asuransi, anda akan diberikan pilihan jenis layanan yang ingin anda jalani. Saat anda akan melakukan pelayanan, dengan atau tanpa asuransi, anda akan diberikan pilihan jenis layanan pula, saya sarankan anda agar memilih jenis pilihan layanan yang sesuai dengan layanan asuransi anda. Ketika anda memilih jenis layanan yang lebih di atas layanan asuransi anda, bukan tidak mungkin jika justru anda harus membayarkan kelebihan biaya yang dikeluarkan di luar dari apa yang disetujui untuk diklaim oleh pihak asuransi.
Tempat layanan asuransi
Pihak asuransi anda akan bekerja sama dengan beberapa layanan publik. Ketika anda akan menggunakan jenis layanan, dan tidak ingin mengeluarkan sepeser uang, itu artinya anda akan menggunakan asuransi anda, anda hanya dapat menggunakannya pada tempat-tempat yang telah bekerja sama.
Asuransi anda bersifat lancar
Maksud dari lancar di sini adalah setoran yang anda berikan. Ketika setoran yang anda berikan lancar, anda hanya menunggu waktu agar klaim asuransi anda berhasil. Namun, ketika setoran yang anda berikan belum disetorkan, apalagi jika melebihi tenggang waktu keterlambatan, klaim anda dapat ditolak. Tidak hanya itu, ketika anda baru mendaftar asuransi, anda akan dihadapkan pada waktu tunggu. Dalam waktu tunggu tersebut anda belum bisa mengajukan klaim layanan anda.
Alasan pelayanan anda
Jika anda merupakan bagian dari asuransi kesehatan, ketika anda mendaftar asuransi anda masih dalam keadaan sehat. Beberapa pihak penyedia asuransi tidak mengklaim apabila sakit yang anda derita sudah dari sebelum anda bergabung dengan asuransi tersebut. Kasus lain adalah ketika anda merupakan bagian asuransi kendaraan, kerusakan atau kecelakaan yang anda alami bukan disebabkan karena anda melakukan pelanggaran, seperti menyetir ugal-ugalan, melanggar rambu-rambu, dan dalam kondisi dibawah pengaruh minuman beralkohol.
Sebelum anda mendapatkan hak anda, anda juga harus menjalankan kewajiban anda ya! Asuransi merupakan investasi yang dilakukan timbal balik, gunakan asuransi anda dengan bijak!