Home / Notes / Tips & Trik / Pilih Sistem Operasi Komputer Terbaik Saat Beli Komputer Baru

Pilih Sistem Operasi Komputer Terbaik Saat Beli Komputer Baru

Baik itu pembelian komputer baru, maupun upgrade, kamu butuh pertimbangan seputar sistem operasi komputer terbaik atau lebih dikenal dengan OS (operating system). Bisa dikatakan sistem operasi amat berpengaruh pada kinerja dan kemudahan penggunaan komputer itu sendiri. Tiap orang punya preferensi berbeda jika hendak memilih sebuah OS. Pastinya, semua ingin beli sesuai dengan keperluan mereka. Bagaimana dengan kamu?

Beberapa pertimbangan berikut mungkin bisa membantu:

Kemudahan Penggunaan

Hal terpenting dari sebuah sistem operasi adalah kemudahaan antarmuka. Jika kamu tidak begitu mahir menggunakan komputer, tentu saja harus menghindari OS yang rumit. Dua pilihan terbaik adalah Windows dan OS X. Keduanya cukup mudah digunakan oleh siapapun. Sedangkan Linux tidak cocok untuk para pemula.

Perangkat Lunak Yang Digunakan

Jika hendak beli atau install sebuah sistem operasi pada komputer, perhatikan software dan aplikasi yang bakal kamu gunakan. Windows pilihan terbaik jika itu seputar kompatibilitas program. Faktanya, mayoritas program komersial cocok digunakan untuk Windows. Jika kamu gunakan Mac OS, kamu hanya bisa mengakses software dan aplikasi khusus Mac. Sedangkan Linux memiliki kelebihan sendiri. Hampir semua program mereka gratis.

Perhatikan Siapa Koneksi Anda

Penggunaan sebuah komputer dan sistem operasi tak terlepas dari sebuah komunitas. OS apa yang digunakan keluarga, teman, atau teman sekerja kamu? Berbagi dokumen tentu lebih mudah jika dilakukan oleh komunitas yang menggunakan sistem operasi serupa.

Sistem Keamanan

Tak dapat dipungkiri, keamanan adalah hal vital ketika memilih sebuah sistem operasi komputer. Kamu perlu pelajari perbedaan keamanan sistem pada tiap OS yang tersedia. Windows boleh dikatakan populer namun OS ini terbukti yang paling rawan akan virus dan ancaman keamanan lainnya. Dalam hal keamanan, Mac OS memang cukup mumpuni karena hanya ada sedikit jenis virus yang ada pada OS ini.

Pada kesimpulannya, tiap jenis sistem operasi memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Hampir sulit ditentukan mana yang menjadi sistem operasi komputer terbaik. Terlebih lagi tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Mungkin kamu cocok dengan Windows namun teman kamu cenderung pilih Mac OS. Intinya, pilihlah sistem operasi berdasar kebutuhan dan preferensi penggunaan komputer keseharian kamu nanti.

Facebook Comments

Check Also

Aplikasi Zoom Crash Saat Sharing Screen ?

Aplikasi zoom meeting sangat populer saat ini. Karena ditengah wabah COVID-19, banyak para karyawan yang ...