Home / family & health / Sepuluh Tanya Jawab Mengenai Ibu Hamil

Sepuluh Tanya Jawab Mengenai Ibu Hamil

ibu hamilBanyak sekali pertanyaan yang ada di benak seorang ibu muda mengenai ibu hamil. Seorang perempuan harus banyak-banyak menambah pengetahuannya seputar kandungan dan kehamilan karena ini sangat berguna kelak ketika dirinya mengalami apa yang namanya mengandung, sehingga hal-hal yang bersifat merugikan dirinya dan kandungan bisa dicegah. Berikut dibawah ini kumpulan tanya jawab mengenai kehamilan. Silahkan disimak ya!

1. Apakah ketika hamil, diperbolehkan meminum teh, kopi dan minuman bersoda?
Jawab : Teh dan kopi memiliki kandungan kafein, teofilin dan xantin serta teobromid. Kafein bisa menyebabkan naiknya tekanan darah dan membuat perempuan hamil lebih sering buah air (berkemih), selain itu juga bisa menembus plasenta dan menuju janin. Boleh saja perempuan hamil meminum kopi dan teh asalkan dosisnya masih ditolerir, yakni maksimal 3 cangkir/hari untuk kopi dan maksimal 8 cangkir/hari untuk teh. Sedangkan minuman softdrink harus dihindari sama sekali karena bisa menyebabkan diabetes mellitus karena 1 gelas kalori minuman bersoda itu memiliki 250 kalori, sebuah angka kalori yg tinggi untuk menaikkan kadar gula darah dam tubuh.

2. Apakah ibu hamil boleh makan coklat?
Jawab : Coklat kadang digunakan oleh ibu hamil untuk menghalau rasa muntah diawal kehamilan, dan menimbulkan rasa tenang dan nyaman setelah mengkonsumsinya. Sebenarnya coklat sendiri memiliki kandungan kafein tetapi masih kecil jumlahnya.hanya saja mengkonsumsi coklat jangan terlalu berlebihan karena bisa menimbulkan resiko diabetes mellitus karena jumlah kalori coklat cukup banyak dan bisa menaikkan berat badan.

3. Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi makanan pedas dan makanan berbumbu?
Jawab : Makanan pedas seperti cabai, merica boleh saja dikonsumsi ibu hamil, asalkan tidak berlebihan. Makan cabai dan merica tidak berbahaya untuk janin, efeknya paling besar hanya menimbulkan diare jika dikonsumsi banyak-banyak.

4. Apakah ibu hamil boleh melakukan mandi sauna?
Jawab : Perempuan yg suka merawat diri kadang melakukan sauna atau mandi uap. Nah jika kondisi hamil, hal ini tidak boleh dilakukan karena mandi uap bisa berakibat naiknya suhu tubuh (hipertamia), jika ini terus berlangsung bisa menyebabkan janin menjadi cacat (terutama jika usia kandungan 1-3 bulan). Untuk itu mandi sauna dilarang bagi perempuan hamil, kalau sekedar luluran badan saja masih diperbolehkan.

5. Apakah ibu hamil boleh mengendong bayi usia tiga tahun (batita)
Jawab : Tidak dianjurkan karena seorang ibu hamil tidak diperbolehkan membawa beban berat lebih dari 12,5 kg, karena bisa menyebabkan terganggunya keseimbangan tubuhnya.

6. Apakah ibu hamil boleh melakukan vaksinasi?
Jawab : Beberapa jenis imunisasi yang diperbolehkan untuk ibu hamil adalah imunisasi tetanus, imunisasi hepatitis. Sedangkan yang tidak boleh dilakukan adalah imunisasi campak, imunisasi gondong (parotitis) dan imunisasi cacar air.

7. Apa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil?
Jawab : Posisi tidur yang diperbolehkan adalah tidur miring ke kiri dan tidur miring ke kanan karena ini dapat melancarkan aliran darah dari tubuh ibu ke janinnya. Sedangkan posisi yang tidak diperbolehkan bagi ibu hami adalah posisi tidur terlentang karena bisa menekan pembuluh aorta dan pembuluh vena yang ada di tulang belakang sehingga berakibat kurangnya aliran darah dari tubuh ibu ke janin. Posisi tidur telungkup juga tidak dianjurkan karena bisa menekan rahim dan mengganggu janin.

8. Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi obat tidur?
Jawab : Terkadang dimasa kehamilan, seorang perempuan mengalami masa-masa susah tidur di malam hari, apakah boleh dibantu dengan obat tidur? Boleh saja asalkan cuma sekali-kali jangan keseringan karena efek dari obat tidur ini bisa menurunkan daya tahan (stamina) tubuh. Jika ibu hamil sulit tidur maka langkah yg bisa ditempuh adalah dengan terapi mendengarkan musik yg lembut, meminum susu hangat, relaksasi yang membuat ibu hamil bisa santai dan cepat memancing rasa kantuk.

9. Apakah ibu hamil harus mengkonsumsi susu khusus hamil
Jawab : Boleh saja karena susu khusus ibu hamil memiliki kandungan gizi yang baik dan bisa membantu tumbuh kembang janin. Namun permasalahannya tidak semua ibu hamil mau mengkonsumsi susu khusus hamil karena bagi sebagian orang, rasanya bikin mual dan menyebabkan muntah. Untuk itu bagi yang tidak suka minum susu khusus hamil, bisa diganti dengan mengkonsumsi buah-buahan dan makanan lain yang mengandung gizi yang setara dengan susu khsusus hamil.

10. Apakah ibu hamil boleh menyusui?
Jawab : Tidak dianjurkan, karena dalam kegiatan menyusui menyebabkan kontraksi pada otot rahim sang ibu, sehingga jika kondisi ini terus berlangsung bisa mengakibatkan persalinan premature.

Demikian 10 (sepuluh) janya jawab mengenai ibu hamil dan aktivitasnya, semoga tulisan kecil ini dapat membantu perempuan dalam mempersiapkan dirinya ketika mengalami kehamilan kelak, sehingga kondisi kesehatan diri dan janinnya bisa tercapai.

Facebook Comments

Check Also

Cara Menjadi Travel YouTuber, Penggila Traveling Wajib Pikir Peluang Ini!

Cara Menjadi Travel YouTuber, Penggila Traveling Wajib Pikir Peluang Ini!

Ada banyak channel YouTube dengan berbagai macam pembahasan yang sekarang ini beredar. Jika Anda salah ...

Apakah Anda Membutuhkan Perlindungan Financial Dari Sakit Kritis ?

Apakah perlindungan financial Anda sudah cukup ?

tekan tombol ESC untuk menghilangkan POP Up