Home / Notes / Syarat Channel YouTube di Approved, Cek Disini!

Syarat Channel YouTube di Approved, Cek Disini!

Bagi seorang YouTuber utamanya seorang YouTuber pemula yang baru saja merintis karir di dunia YouTube, channel yang di approved oleh pihak peninjau YouTube tentu menjadi impian. Jika Anda juga memimpikan untuk mendapatkan approved dari YouTube, Anda juga harus tahu nih apa saja syarat channel YouTube di approved.

Baca juga : Cara Download Video Youtube Gratis di Android maupun Iphone

Dengan mengetahui syaratnya, jika pendaftaran pertama ada penolakan tentu Anda bisa melengkapi persyaratannya sehingga pendaftaran kedua nanti potensi di approved akan lebih besar. Berikut syarat channel YouTube di approved yang Anda harus tahu dan pahami!

Syarat Channel YouTube di Approved

Sudah terverifikasi

Proses verifikasi sangat diperlukan ketika Anda ingin mengunggah video dengan durasi panjang. Lantas berapa lama waktu video yang dianggap sebagai durasi panjang oleh YouTube?

Tidak sampai berjam – jam, YouTube menganggap bahwa video dengan durasi diatas 15 menit merupakan video berdurasi panjang. Karena itu ketika Anda ingin mengunggah video lebih dari durasi tersebut, maka Anda harus melakukan langkah verifikasi lebih dulu.

Proses verifikasi pun cukup mudah. Anda hanya butuh nomor handphone aktif yang nantinya digunakan untuk menerima suatu kode verifikasi. Kemudian Anda lakukan verifikasi setelah menerima kodenya.

Memenuhi 4000 jam tayang

Akun harus sudah memiliki sebanyak 4000 jam tayang sebagai syarat untuk mendaftar YouTube adsense. Total jam tayang ini terhitung selama 12 bulan terakhir sehingga Anda harus memenuhi minimal 4000 jam tayang dalam kurun waktu selama satu tahun.

Mencapai 1000 subscriber

Syarat lain yang diberikan oleh YouTube untuk mendaftar adsense cukup susah. Salah satu syaratnya adalah mencapai 1000 subscriber. Jumlah ini hanya nol koma sekian persen dari total keseluruhan pengguna YouTube yang mencapai angka 1,8 milyar rupiah.

Dengan pengguna sebanyak itu, kini mungkin mendapatkan 1000 subscriber sedikit jauh lebih mudah dan bisa dicapai dalam waktu singkat. Namun dengan catatan, Anda harus punya video berkualitas karena pesaing Anda juga banyak.

Hindari melakukan komentar spam

Komentar spam merupakan komentar dengan nada yang sama dalam jumlah yang lebih dari 1 dan hal tersebut dianggap sebagai sampah oleh algoritma YouTube. Jika terlalu banyak spamming komentar di channel YouTube Anda, sangat besar kemungkinan bahwa channel YouTube Anda akan ditolak.

Anda harus tahu bahwa ketika melakukan pendaftaran YouTube Adsense, Anda tidak akan secara langsung mendapatkan akun Adsense dengan mudah.

Terdapat beberapa proses verifikasi dan penilaian yang Anda perlu lalui oleh tim YouTube. Hal ini biasanya butuh waktu beberapa hari sampai nantinya akan muncul pengumuman apakah akun Anda layak diterima dalam program Adsense atau tidak.

Itulah berbagai syarat yang Anda harus penuhi sebelum Anda mendaftarkan program adsense untuk channel YouTube Anda. Jika Anda sudah pernah mendaftarkan sebelumnya namun channel Anda masih belum terapproved, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya yaitu :

Kualitas video yang rendah

Hal pertama yang menjadi kemungkinan channel YouTube tidak di approved oleh YouTube adalah karena kualitas video yang disajikan. Jadi baiknya Anda mengunggah video dengan kualitas 720p selama peninjauan masih berlangsung.

Selanjutnya setelah channel sudah diterima oleh adsense sepenuhnya, baru Anda bisa upload video dengan kualitas sekitar 360p. Namun jika bisa jangan menurunkan kualitas video hanya karena channel Anda sudah diapproved.

Anda harus tetap memberikan kenyamanan kepada viewers karena hal tersebut bisa membuat channel Anda di unsubscribe karena Anda menurunkan kualitas video yang Anda bagikan. Sementara viewers butuhnya adalah kenyamanan dalam tontonan.

Video yang melanggar copyright

Konten yang mengandung copyright merupakan konten yang harus dihindari oleh YouTuber. Banyak pemain YouTube yang saat ini mengunggah konten – konten seperti naruto atau konten cuplikan acara talkshow dimana hal tersebut memang meningkatkan jumlah subscriber akan tetapi hal tersebut beresiko dibanned.

Konten reupload

Konten reupload ini merupakan konten yang dimiliki orang lain yang kemudian sengaja diunduh dengan format yang berubah supaya meta datanya terlihat unik. Kemudian konten tersebut diupload ulang di channel tertentu dengan tujuan menghasilkan viewers yang banyak dengan cara instan.

Tentu saja trik –  trik khusus supaya konten orang lain terkesan unik akan dilakukan YouTuber reupload ini. Beberapa hal yang dilakukan diantaranya seperti mengubah meta data video, mentranslate judul atau subtitle, mengubah durasi video, menyisipkan frame, menambahkan watermark dan masih banyak lagi cara yang lainnya. Namun hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena resiko dibanned akan tinggi jika ketahuan.

Nah, jika Anda ingin mendaftarkan kembali penyebab akun Anda tidak terapproved diatas harus Anda pastikan sudah tidak menjadi masalah lagi. Selain itu Anda juga harus penuhi semua syarat channel YouTube di approved yang kami sudah uraikan. Selamat berkarya!

Facebook Comments

Check Also

1 Peluang Bisnis Menjadi YouTuber di Indonesia

Peluang Bisnis Menjadi YouTuber di Indonesia

Ingin menjadi seorang YouTuber? Bidang pekerjaan yang satu ini memang termasuk salah satu bidang pekerjaan ...

Apakah Anda Membutuhkan Perlindungan Financial Dari Sakit Kritis ?

Apakah perlindungan financial Anda sudah cukup ?

tekan tombol ESC untuk menghilangkan POP Up