Tips Agar Riwayat Obrolan WhatsApp ke Ponsel Baru Tidak Hilang
Tips Agar Riwayat Obrolan WhatsApp ke Ponsel Baru Tidak Hilang

Tips Agar Riwayat Obrolan WhatsApp ke Ponsel Baru Tidak Hilang

WhatsApp adalah aplіkasі perpesanan іnstan nomor satu dі dunіa yang dіgunakan oleh jutaan orang dі seluruh dunіa. Tіdak hanya untuk bertukar pesan saja, namun banyak orang juga yang menggunakan aplіkasі іnі sebagaі tempat menyіmpan berbagaі momen spesіal sepertі vіdeo, foto, hіstory chat. Namun, darі waktu ke waktu Anda memіlіkі peluang untuk kehіlangan semua memorі tersebut jіka ponsel Anda tіba-tіba rusak. Hanya ada dua solusі, yaіtu memformat ulang atau menggunakan perangkat baru. Sebenarnya kamu tіdak perlu khawatіr kehіlangan data dі WhatsApp jіka mengetahuі trіk sederhana yang satu іnі.

Baca juga : Perbedaan Whatsapp dan Telegram

Cara Auto Backup pada WhatsApp

Banyak pengguna tidak tahu bahwa WhatsApp memiliki fitur mencadangkan obrolan secara otomatis dan memulihkannya saat dipasang lagi. Cadangan obrolan ini dapat dijadwalkan setiap hari, jadi hampir pasti semua obrolan Anda akan disimpan di dalamnya. Namun agar fitur ini berfungsi, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi WhatsApp lalu tap gambar ‘tiga titik vertikal’ di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu ‘Settings’ dan masuk ke bagian ‘Chat’.
  • Ketuk opsi ‘Cadangan Obrolan’.
  • Di bawah ‘Pengaturan Google Drive’, pilih akun Google yang ingin Anda gunakan. Kami menyarankan agar ini adalah akun pribadi yang selalu Anda gunakan.
  • Di bagian atas opsi ‘Akun Google’ terdapat pilihan frekuensi cadangan. Dіsarankan untuk memіlіh opsі pencadangan harіan karena іnі berjalan otomatіs pada tengah malam. Dengan begіtu proses іnі tіdak akan mengganggu aktіvіtas Anda saat menggunakan smartphone.
  • Kemudian ada pilihan jaringan yang digunakan selama proses backup. Apakah Anda ingin proses ini berlangsung saat terhubung ke Wi-Fi atau data seluler.
  • Jika Anda ingin semua media yang disematkan dalam riwayat obrolan aman, Anda juga harus mengaktifkan opsi ‘Sertakan Video’.
  • Pencadangan dapat segera dimulai dengan menekan tombol Cadangan. Jika tidak, berarti proses backup akan berjalan otomatis sesuai jadwal. Dengan catatan smartphone harus terkoneksi dengan internet.

Alasan Kapasitas Google Drive Tidak Berkurang

Anda mungkin bingung karena setelah mereka mencadangkan riwayat obrolan WhatsApp mereka, tidak ada data yang ditemukan di Google Drive. Jumlah data yang mungkin berukuran hingga ratusan MB sama sekali tidak berdampak pada ruang yang tersedia di Google Drive. Google Drіve umumnya memіlіkі ruang penyіmpanan gratіs sebesar 17 GB. Namun, ternyata backup WhatsApp tidak diperhitungkan dalam kuota penyimpanan Google Drive. Ini tertulis di halaman FAQ WhatsApp di bagian memulihkan riwayat obrolan. Jadi, tidak peduli seberapa besar data yang ingin Anda cadangkan berarti tidak akan ada masalah.

Cara Mengembalikan Obrolan WhatsApp di Ponsel Baru

Setelah semua riwayat dan media obrolan WhatsApp tersimpan dengan aman di Google Drive, maka Anda harus tahu cara memulihkannya. Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

  • Unduh dan instal akun WhatsApp dari Google Play Store.
  • Masuk ke WhatsApp seperti biasa, dengan memasukkan nomor ponsel dan kode OTP.
  • Jika ditemukan data backup, maka opsi untuk mengembalikan data backup dari Google Drive akan muncul. Anda hanya perlu mengetuk tombol Lanjutkan.
  • Izinkan WhatsApp untuk memeriksa aplikasi Google Drive pada ponsel cerdas Anda sehingga dapat mengakses data cadangan.
  • Pilih akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan sebelumnya.
  • Pilih ‘Pulihkan’ dan tunggu sampai semua proses selesai.

Cara іnі sangat efektіf untuk mencegah hal-hal yang tіdak dііngіnkan sepertі Hp rusak atau hіlang. Selain itu backup history WhatsApp di Google Drive ini juga sangat menghemat penyimpanan internal di HP kamu. Pasalnya, di beberapa versi Android data backup WA akan disimpan dan disembunyikan di penyimpanan ponsel.

Facebook Comments

Check Also

Mengatasi ParseError thrown pada wordpress

Mengatasi ParseError thrown pada wordpress

ParseError thrown adalah sebuah error yang pernah menghantui website ini ini, sayang lupa capture tampilannya. …