Home / Notes / Tips & Trik / Tutorial Instalasi Motherboard Pada Case Komputer
instalasi motherboard

Tutorial Instalasi Motherboard Pada Case Komputer

Jika Anda cukup percaya diri dengan pengetahuan dan skill merakit komputer, kenapa tidak mencoba melakukan instalasi motherboard sendiri? Setelah berhasil pasang CPU, RAM, dan komponen lain, hal terpenting berikutnya adalah instalasi ke wadah komputer / case. Takut melakukan kesalahan itu wajar. Namun hal ini bisa dihindari dengan mengikuti tutorial berikut:

  • Jangan pernah lupa kenakan sarung tangan anti kejut. Jika komputer masih terhubung ke sumber listrik, cabut dan matikan terlebih dahulu. Kemudian buka case komputer Anda.
  • Berikutnya, pasang spacers kedalam lubangnya. Biasanya spacers sudah tersedia didalam case komputer masing-masing. Beberapa komputer menggunakan spacers jenis snap-in. Namun yang paling umum adalah jenis baut.
  • Setelah spacers berhasil terpasang, kini saatnya pasang motherboard diatasnya. Pastikan Anda lakukan secara perlahan dan berada tepat diatas spacers tadi. Kalau lubang-lubang motherboard sudah sejajar dengan spacers, pasang baut pada lubang tersebut dan kencangkan. Jangan terlalu kencang memasang baut karena bisa merusak motherboard.
  • Langkah terakhir pada proses instalasi motherboard adalah pemasangan koneksi dasar. Koneksi-koneksi ini meliputi saklar on/off, lampu-lampu indikator case komputer, tombol reset, dan speakers. Lokasinya berbeda-beda tergantung komputer masing-masing. Amat membantu jika Anda baca buku manual terlebih dahulu.
  • Sambungkan juga power supply komputer ke motherboard.

Tes Motherboard Anda

Jika sudah mengikuti langkah-langkah diatas, kini Anda tinggal melakukan tes. Masukkan kartu grafis kedalam slot AGP pada motherboard tersebut. Jangan lupa kencangkan dengan menggunakan baut. Sambung keyboard, monitor, dan mouse ke PC. Kemudian nyalakan komputer Anda. Secara normal, komputer akan memunculkan bunyi “beep” dan menampilkan informasi BIOS dasar pada layar. Jika kedua hal ini tidak terjadi atau komputer tidak nyala, Anda wajib periksa ulang koneksi-koneksi tadi.

Banyak orang takut mencoba instalasi motherboard secara personal. Mungkin mereka kurang memiliki informasi yang tepat. Dengan cara diatas, Anda sudah bisa memasang motherboard ke case komputer dan melakukan tes sendiri. Artinya Anda tak perlu bantuan jasa rakit komputer dan mengeluarkan biaya tambahan. Bahkan pemasangan CPU, kartu grafis, RAM, maupun harddisk tidak sesuah yang Anda bayangkan. Selamat mencoba!

Facebook Comments

Check Also

Aplikasi Zoom Crash Saat Sharing Screen ?

Aplikasi zoom meeting sangat populer saat ini. Karena ditengah wabah COVID-19, banyak para karyawan yang ...