Cara mematikan update Windows 7 dan 10

Cara mematikan update Windows 7 dan 10 secara permanen yang mudah. Adanya fitur auto update pada sistem operasi Windows memang sangat membantu bagi para penggunanya.

Jika terjadi suatu bug atau masalah pada sistem maka pihak developer resmi yaitu Microsoft akan memperbaikinya secara otomatis.

Sehingga sistem operasi Windows 7 atau 10 tetap dapat memiliki kinerja yang bagus dan cepat. Namun ada kalanya tidak semua pengguna menginginkan fitur update windows ini aktif karena alasan beberapa hal.

Sebut saja karena masalah kuota internet yang tinggal sedikit atau terbatas, sebab kita tahu bahwa kebanyakan user asal Indonesia masih menggunakan akses internet dengan sistem paketan.

Belum lagi karena alasan update window yang bisa menyita banyak waktu, sehingga bagi orang yang sibuk tidak punya banyak waktu untuk melakukan update.

Apabila anda termasuk orang yang tidak menginginkan fitur auto update windows ini aktif, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mematikannya.

Cara mematikan update Windows 7 dan 10

1. Control Panel

Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk mematikan update windows yaitu dengan menggunakan Control panel.

Silahkan klik tombol start yang terletak di pojok kiri bawah layar komputer anda lalu klik menu control panel. Atau bisa juga membuka halaman control panel dengan cara menggunakan shortcut yaitu tombol Windows + R, dan ketikan control panel.

Setelah tab control panel terbuka, pilih menu system and security dan pilih menu windows update. Pada halaman baru tersebut anda akan temukan beberapa pilihan seperti berikut ini.

1. Install updates automatically (not recommended)
2. Download updates but let me choose whether to install them
3. Check for updates but let me choose whether to download and install them
4. Never check for updates (not recommended)

Keempat menu tersebut bisa anda pilih salah satunya, dan jika ingin mematikan update windows maka jangan pilih yang nomor satu karena menu tersebut akan update secara otomatis.

Anda bisa memilih opsi nomor 3 atau 4 untuk mencegah sistem windows melakukan update secara otomatis. Jika pilih opsi nomor 3 maka windows tidak akan langsung mendownload dan menginstall update karena baru akan mengecek saja.

Dan jika memilih opsi nomor 4 maka sistem update ini akan mati total karena windows tidak akan lagi melakukan pengecekan selamanya.

Jadi jika anda benar-benar tidak ingin melakukan update sama sekali secara permanen maka bisa pilih yang opsi nomor 4.

Namun cara ini hanya berlaku untuk windows 7 saja, sebab pada versi windows 10 terbaru menu ini sudah tidak ada. Jadi untuk anda pengguna windows 10 yang ingin mematikan auto update bisa gunakan cara kedua berikut ini.

2. Services.msc

Cara mematikan update Windows 10 memang butuh usaha ekstra, karena pihak microsoft memang sengaja menyembunyikan opsi ini agar sistem bisa selalu terhubung ke servernya.

Untuk bisa mematikan fitur auto update windows 10 secara permanen, anda bisa gunakan software bawaan dari windows 10 itu sendiri.

Caranya yaitu dengan buka tab Run dengan menekan tombol shortcut pada keyboard yaitu Windows + R. Pada kolom isikan kata kunci services.msc lalu tekan enter.

Setelah terbuka tab baru, silahkan cari dan dobel klik pilihan windows update. Karena menunya banyak anda bisa lakukan scroll hingga bagian paling bawah untuk menemukan menu windows update.

Selanjutnya ganti startup type dari pilihan auto ke pilihan Disabled, dan jika sudah klik Ok. Selesai, dengan demikian fitur auto update ini telah mati secara permanen.

Facebook Comments

Check Also

Hp murah ram 2GB dibawah 1 jutaan

Jika anda sedang mencari Hp murah ram 2GB yang harganya dibawah 1 jutaan maka sekarang …