Home / Notes / Cara Menjadi Travel YouTuber, Penggila Traveling Wajib Pikir Peluang Ini!
Cara Menjadi Travel YouTuber, Penggila Traveling Wajib Pikir Peluang Ini!
Cara Menjadi Travel YouTuber, Penggila Traveling Wajib Pikir Peluang Ini!

Cara Menjadi Travel YouTuber, Penggila Traveling Wajib Pikir Peluang Ini!

Ada banyak channel YouTube dengan berbagai macam pembahasan yang sekarang ini beredar. Jika Anda salah satu orang yang ingin mulai berkarya dalam konteks membuat kanal YouTube, salah satu pembahasan yang menarik untuk dibahas adalah tentang traveling.

Baca juga : Syarat Channel YouTube di Approved, Cek Disini!

Khususnya jika Anda merupakan seorang penggila traveling, kanal YouTube traveling akan sangat menyenangkan Anda bahas terlebih karena berkaitan dengan hobi Anda. Nah, bagi Anda yang ingin menjadi seorang travel YouTuber, berikut cara menjadi travel YouTuber bagi penggila traveling yang penting Anda tahu!

Cara Menjadi Travel YouTuber Untuk Penggila Traveling

Tetapkan konsep yang akan Anda usung dalam channel YouTube

Traveling bukan tentang jalan – jalan saja. Anda bisa pilih tema yang sesuai dengan channel yang Anda ingin bangun. Ada banyak tema traveling yang Anda bisa bangun mulai dari tema streetfood, gunung, pantai, wisata kuliner dan sebagainya.

Intinya Anda harus mampu spesifikkan tema yang Anda usung dengan pertimbangan peminat dan penonton YouTube di tema tersebut. Salah satu inspirasi travel YouTuber yang bisa Anda jadikan panutan untuk Anda yang ingin membangun YouTube di lini tersebut adalah channel Mark Wiens. Secara khusus Mark Wiens ini membahas makanan dan ia punya banyak sekali viewer yang didapatkan.

Perhatikan kualitas video dan audio channel Anda

Tentu tidak ada orang yang suka dengan suguhan ala kadarnya. Semua orang ingin mendapatkan suguhan yang berkualitas. Karena itu memperhatikan kualitas video dan audio di video yang Anda buat sangatlah penting.

Jangan sampai video Anda sudah memiliki konsep yang bagus, namun minim viewers karena audio dan kualitas gambar yang kurang memanjakan mata dan telinga. Agar suara di video Anda lebih bagus dan tidak pecah, Anda bisa memanfaatkan mic khusus dalam perekaman video. Kemudian Anda juga bisa menggunakan lisensi Creative Cummons atau Reisable yang tanpa bayar.

Jika Anda sudah punya cukup dana untuk membeli kamera, investasikan dana Anda untuk membeli kamera karena hal tersebut sangat penting guna menunjang perkembangan channel Anda. Dengan begitu kualitas video Anda akan semakin baik ke depannya.  

Branding agar video Anda tidak di re-upload orang lain

Dalam setiap pembuatan video, jangan Anda lupa untuk memberikan watermark pada video Anda. Jangan sampai Anda mengalami kerugian dengan berbagai pengeluaran dalam produksi video akan tetapi video Anda malah di re-upload orang yang tidak bertanggung jawab karena tidak memiliki watermark. Anda juga bisa buat intro singkat dan juga membuat highlight supaya video Anda tidak mudah disebarkan oleh sembarang orang yang berujung pada kondisi re-upload.

Jalin komunikasi dengan viewer

Jangan Anda lupa komunikasi dengan viewer karena merasa Anda adalah pemilik channel. Anda tidak boleh terlalu jaga image dan membatasi komunikasi karena sebenarnya komunikasi ini menjadi sarana untuk memberikan rasa nyaman kepada viewer.

Video Anda akan lebih cepat terkenal jika Anda sering membalas komentar penonton video Anda. Viewer juga akan merasa nyaman untuk subscribe channel Anda karena mereka merasa diperhatikan.

Cobalah untuk kolaborasi dengan pengguna YouTube yang lain

Jika kemudian Anda sudah mengalami masalah viewer yang sulit naik padahal semua cara diatas sudah Anda lakukan, maka Anda bisa kolaborasi dengan travel YouTuber yang lain. Buat berbagai kolaborasi traveling yang menarik dengan konsep yang unik.

Hal tersebut akan membuat channel Anda jauh lebih terkenal. Pilih pemilik channel YouTube yang juga memiliki kesamaan tema dengan Anda supaya tema konten yang Anda bagikan di YouTube tidak sampai melenceng dari jalurnya. Jadi Anda bisa mendapatkan manfaat dari kolaborasi tersebut.

Promosikan video Anda di berbagai akun sosial media

Semua orang pasti tidak akan langsung tahu video ketika membuka YouTube. Untuk mengakalinya, Anda harus sering melakukan sharing di berbagai sosial media yang Anda punya seperti di channel Facebook, Twitter, Instagram dan akun yang lain. Hal ini sangat penting demi meningkatkan viewer Anda.

Daftarkan channel Anda di Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan

Sebenarnya tidak hanya adsense yang bisa dijadikan ladang penghasilan YouTuber. Anda juga bisa menjadi brand ambassador suatu produk untuk mendapatkan kerjasama. Namun memang yang paling menggiurkan adalah adsense.

Ketika channel Anda mulai memiliki banyak penonton, maka pihak Google akan langsung menawari kerjasama adsense kepada Anda. Namun jika kesempatan tersebut masih belum Anda dapatkan, Anda bisa mendaftarkan diri dalam program adsense YouTube.

Itulah cara menjadi travel YouTuber yang dapat menjadi ide peluang terbaik Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menginspirasi.

Facebook Comments

Check Also

Aplikasi Zoom Crash Saat Sharing Screen ?

Aplikasi zoom meeting sangat populer saat ini. Karena ditengah wabah COVID-19, banyak para karyawan yang ...