Cara Menambah Nafsu Makan Anak Tanpa Obat
Cara Menambah Nafsu Makan Anak Tanpa Obat

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Tanpa Obat

Anak Tutup Mulut saat Disuap? Begini Cara Menambah Nafsu Makan Anak Tanpa Obat

Anak-anak sangat membutuhkan asupan makanan dengan nutrisi yang sangat tinggi untuk pertumbuhan dan juga perkembangan otaknya. Akan tetapi, kebanyakan anak melakukan gerakan tutup mulut atau biasa dikenal dengan GTM. Tentu hal ini membuat orang tua khawatir dan sekarang mencari tahu cara menambah nafsu makan anak.

Baca juga : Tanda, gejala dan Penyebab keterlambatan bicara pada anak-anak

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Ya, pada kesempatan kali ini memang akan kita bahas cara menambah nafsu makan akan tetapi tidak menggunakan obat. Ya, metode ini bisa dilakukan Anda sebagai orang tua yang masih ingin menggunakan cara alami agar anak mau makan. Ini dia cara-cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Ajak Anak untuk Memasak Makanan

Cara yang pertama adalah ajak anak Anda untuk ikut memasak. Ikut memasak membuatnya tahu bagaimana proses suatu bahan mentah menjadi makanan jadi yang siap makan. Dengan cara ini, diharapkan anak bisa timbul rasa menghargai makanan.

Tentu saja hal ini harus disertai dengan edukasi Anda kepada anak. Katakan bahwa memasak adalah hal yang menyenangkan apabila yang makan menyukai masakan kita. Anda juga bisa mencoba masakan anak dan mengatakan enak agar ia juga merasakah hal tersebut.

  1. Buat Makanan dengan Kreasi yang Unik

Jika makanan yang biasa tak membuat anak Anda suka makan alangkah baiknya Anda mengkreasikan makanan tersebut menjadi bentuk yang unik. Anda bisa membentuknya menggunakan cetakan makanan atau sekadar membuat roll susi yang membuat anak tertarik memakannya.

  1. Sebaiknya Jangan Biarkan Anak Banyak Minum

Saat anak makan sebaiknya jangan letakkan gelas dengan air minum di dekatnya. Jika anak dibiasakan minum maka ia hanya akan kenyang dengan air minum. Apalagi jika minumnya adalah susu yang juga mengenyangkan.

Berikan minum ketika selesai makan atau ketika anak terlalu banyak melahap hingga susah menelan.

  1. Jangan Memberikan Makan Langsung dalam Porsi Besar

Terkadang, anak bukannya tidak suka dengan makanan yang Anda sajikan tetapi melihat tampilannya sudah tak menarik lagi. Apalagi makanan yang berkuah dan semakin lama semakin dingin.

Untuk itu, sebaiknya ambilkan makanan sedikit saja dan jika anak ingin lagi maka tambah lagi dengan yang baru. Hal ini tak akan mengubah rasa sehingga nafsu makan anak lebih terjaga.

  1. Berikan Bumbu yang Lebih Banyak agar Anak Makin Suka

Kebanyakan orang tua sangat khawatir untuk memberikan bumbu yang terlalu kuat untuk anak. Tapi, anak akan terus berkembang dan akan makan sama dengan makanan yang Anda makan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda memberikan garam dan gula lebih banyak agar terasa lebih nikmat. Yang penting adalah menghindari MSG karena tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

  1. Jangan Memaksa, Lakukan dengan Pelan-pelan

Jangan membentak dan memaksa anak untuk makan. Jika anak tidak mau makan cobalah ajak berjalan-jalan, naik sepeda, atau jika ada naik odong-odong bersama temannya.

Cara seperti ini memang sangat sulit tetapi dengan memaksa dan membentak akan melemahkan mental seorang anak. Jelaskan pelan-pelan pentingnya makan, nanti anak akan memahaminya sendiri.

Itu tadi beberapa cara menambah nafsu makan anak yang bisa dilakukan Anda di rumah tanpa harus menggunakan obat-obatan. Akan tetapi, jika dalam kontrol rutin berat badan anak kurang dari batas normal maka harus segera dikonsultasikan dengan dokter anak dan ahli gizi. Semoga cara di atas bisa memberikan wawasan yang baru bagi Anda dalam pemberian makanan untuk anak.

Facebook Comments

Check Also

Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh jika konsumsi berlebihan

Bahaya kafein bagi kesehatan jika berlebihan

Adakah bahaya kafein bagi kesehatan tubuh ? Haruskah kita stop meminum kopi teh atau tetap …