Manfaat minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak
Manfaat minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak

Minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak

Berikut ini manfaat minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak. Kebanyakan orang pastinya sering minum kopi atau teh yang mengandung senyawa fitokimia ini. Ada banyak sekali rumor tentang kafein yang kebenarannya masih perlu dibuktikan lagi dengan penelitian ilmiah. Oleh karena itu sebaiknya kamu pelajari lebih dalam tentang manfaat minum kafein agar tidak terjadi salah paham.

Baca juga : Bahaya kafein bagi kesehatan jika berlebihan

Kafein merupakan senyawa yang biasa ada pada minuman seperti kopi, teh hingga minuman berenergi karena memiliki efek dapat meningkatkan fokus otak. Stimulan ini sangat manjur sekali untuk meningkatkan kewaspadaan agar kita tetap bisa bekerja dengan baik. Orang-orang seperti pelajar yang mau ujian hingga pekerja kantoran pastinya akan butuh kafein agar otak tetap bisa fokus.

Nah, buat kamu yang suka minum kopi atau teh tiap hari dan penasaran dengan manfaatnya bagi tubuh, simak pembahasan berikut ini.

Manfaat minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak

1. Menurunkan berat badan

Kafein sangat ampuh sekali untuk menurunkan berat badan sehingga bisa membuat tubuh cepat ideal. Minuman yang berkafein bisa membuang rasa ingin makan lebih lama dan bisa mengurangi keinginan ngemil. Dengan rutin mengkonsumsi minuman kafein secara teratur dapat membuat tubuh membakar kalori lebih efisien terutama saat mencerna makanan.

Minuman berkafein yang dimaksud tentu saja tidak mengandung gula sama sekali yang dapat menambah berat badan. Green tea atau teh hijau yang tanpa tambahan gula sangat efektif membakar lemak pada tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan kewaspdaan

Seseorang yang punya pekerjaan mengemudi dan pada saat tertentu harus lembur maka pastinya butuh asupan zat kafein ini agar bisa tetap waspada. Dengan memberi asupan kafein 75 miligram dapat secara efektif meningkatkan kesadaran otak untuk berpikir ringan. Sedangkan untuk dosis lebih tinggi hingga 500 miligram dapat membuat otak menjadi lebih peka terhadap penalaran cepat.

Seseorang yang sudah mengantuk saat mau belajar dengan meminum kafein maka dapat berkonsentrasi kembali dengan lebih mudah. Meskipun demikian perlu kamu ketahui bahwa fungsi kafein bukan sebagai pengganti tidur dan lembur. Hanya pada saat darurat saja kamu boleh melakukan hal ini sebab akan berdampak pada kesehatan jangka panjang.

3. Fungsi Otak

Kafein memang sangat erat sekali hubungannya dengan fungsi otak. Kopi atau teh juga mengandung senyawa penangkal radikal bebas yang bernama polifenol yang berfungsi untuk melindungi otak terhadap kerusakan saraf.

Saat minum teh hangat atau tanpa gula dapat berdampak langsung pada fungsi otak untuk meningkatkan kinerjanya dalam berkonsentrasi yang lebih dalam lagi. Selain tidur teratur dan makan teratur, mengkonsumsi kafein secara teratur dapat membuat performa otak untuk fokus lebih cepat.

4. Membuat hari lebih produktif

Jika ingin hidup lebih produktif setiap harinya maka kamu bisa memanfaatkan kafein agar bisa lebih produktif dalam bekerja. Neuron dalam otak akan bereaksi keras terhadap kafein karena keluarnya kadar dopamin yang lebih banyak.

Dopamin mempunyai peran penting dalam meningkatkan fokus berpikir dan itu semua bisa terjadi karena adanya asupan kafein sebagai stimulan.

5. Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Seiring bertambahnya usia, tentunya otak manusia akan mengalami penurunan kinerja. Beberapa penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson lebih rentan terhadap orang yang sudah berumur.

Dengan mengkonsumsi kafein secara rutin tanpa dosis yang berlebihan dapat membantu mencegah terkena penyakit Alzheimer.
Tentunya konsumsi kopi atau teh akan jauh lebih baik tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

Facebook Comments

Check Also

Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh jika konsumsi berlebihan

Bahaya kafein bagi kesehatan jika berlebihan

Adakah bahaya kafein bagi kesehatan tubuh ? Haruskah kita stop meminum kopi teh atau tetap …