Pilih kopi atau teh, mana yang lebih sehat
Pilih kopi atau teh, mana yang lebih sehat

Pilih kopi atau teh, mana yang lebih sehat ?

Pilih Kopi atau Teh, bagusan yang manakah ? Keduanya memiliki senyawa caffeine dan juga punya efek untuk meningkatkan fokus berpikir bagi neuron otak. Ada yang bilang teh lebih baik dari kopi, ada juga yang bilang kopi lebih baik dari teh. Jika kamu Bingung dengan kedua sumber kafein ini maka sebaiknya pelajari dahulu tentang sifat dari kedua minuman ini.

Baca juga : Minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak

Kopi memberikan daya fokus pada otak, sebab kadar kafeinnya berkali lipat lebih banyak dari yang teh. Namun teh tidak mau kalah juga sebab punya kelebihan pada efek konsentrasi dan ketenangan yang lebih stabil lagi.

Dua sumber kafein ini bisa memberikan efek otak yang bagus dan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Senyawa kafein untuk meningkatkan fokus otak, sedangkan senyawa antioksidannya untuk menangkal radikal bebas.

Nah, jika kamu bingung antara kopi atau teh, maka silahkan simak pembahasan menarik berikut ini.

Pilih kopi atau teh ? Sebaiknya pilih yang mana ?

Inilah sederet fakta antara minuman kopi dan teh yang perlu kamu ketahui supaya bisa memilih dengan lebih tepat. Mari kita bahas mulai dari kopi terlebih dahulu.

1. Serba-serbi Kopi

Karena sumber tanaman yang berbeda tentunya kopi punya keunggulan tersendiri yang melebihi teh. Segelas kopi atau secangkir kopi sudah bisa membuat mata anda melotot sepanjang hari untuk terus fokus pada pekerjaan kantor anda.

Tidak hanya itu, kandungan di dalamnya bisa secara efektif melindungi sel tubuh dari berbagai penyakit. Orang yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah wajar akan memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2.

Hal ini berbanding terbalik pada orang yang tidak mengonsumsi kafein malah memiliki resiko yang lebih besar. Selain itu penyakit kardiovaskular tertentu, serta penyakit neurodegeneratif pada otak akan lebih kecil potensi terkenanya pada orang yang suka minum kopi.

Meskipun demikian dampaknya akan sangat buruk jika overdosis caffeine. FDA selaku departemen kesehatan milik amerika telah meneliti pada orang yang suka mengkonsumsi kopi secara berlebihan hingga bercangkir-cangkir dalam sehari yang bisa menyebabkan efek negatif bagi tubuhnya.

Sebaiknya mengkonsumsi kopi tidak lebih dari 400 mg sehari sesuai anjuran FDA yang meskipun sifatnya tidak global, namun negara lain juga mengikuti anjurannya.

2. Teh punya l-theanine

Salah satu Keistimewaan teh sudah tentu senyawa l-theanine yang bisa memberikan efek penenang bagi tubuh untuk bisa berpikir lebih jernih. Kombinasi antara caffeine dan l-theanine nya sangatlah mujarab meningkatkan performa otak dan ketenangan untuk berpikir.

Itulah kelebihannya, teh memiliki senyawa l-theanine yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat memberikan tubuh lebih rileks. Green tea ternyata lebih bagus dari black tea, sebab l-theanine green tea lebih tinggi yaitu sekitar 6,56 mg. Sedangkan kandungan pada black tea sekitar 5,13 mg l-theanine.

Kesimpulan

Jawaban singkatnya sudah tentu tergantung dari orang itu sendiri karena efeknya bisa beda. Seseorang lebih cocok terhadap kopi jika malamnya nanti tidak akan terganggu dengan kualitas tidurnya.

Namun Teh bisa menjadi lebih baik dari kopi jika seseorang memiliki tubuh yang sangat sensitif terhadap kafein. Tinggginya kadar kafein yang ada pada kopi dapat membuat seseorang menjadi susah untuk tertidur pulas.

Belum lagi efek negatif lainnya seperti tekanan darah tinggi yang tentunya tidak setiap orang akan mengalami dampak yang sama.

Itu semua tergantung pada efek yang Anda cari, Jika Anda ingin stimulan yang kuat maka pilih kopi. Namun, jika Anda lebih sensitif terhadap kafein, Anda bisa pilih teh karena kandungan kafeinnya yang lebih rendah dan ada kadar L-theanine yang bisa memberikan efek menenangkan.

Facebook Comments

Check Also

Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh jika konsumsi berlebihan

Bahaya kafein bagi kesehatan jika berlebihan

Adakah bahaya kafein bagi kesehatan tubuh ? Haruskah kita stop meminum kopi teh atau tetap …