Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh jika konsumsi berlebihan
Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh jika konsumsi berlebihan

Bahaya kafein bagi kesehatan jika berlebihan

Adakah bahaya kafein bagi kesehatan tubuh ? Haruskah kita stop meminum kopi teh atau tetap lanjut ? Stimulan alami ini akan menjadi bahaya jika cara konsumsinya salah dalam jangka panjang. Senyawa kafein memang telah terbukti bisa memberikan efek fokus dan konsentrasi secara instan. Karena itu banyak orang yang meminumnya dengan tujuan agar mendapatkan kemudahan untuk bisa berpikir fokus.

Baca juga : Sumber kafein terbaik untuk stimulasi otak

Selama bertahun-tahun para peneliti telah mempelajari senyawa alami ini yang biasa ada pada berbagai jenis minuman atau bahan makanan lainnya. Dan hasilnya, bisa kita ketahui bahwa konsumsi kafein yang berlebihan atau overdosis setiap hari akan menimbulkan dampak serius bagi tubuh manusia.

Dalam kesempatan kali ini kita akan mengupas apa saja bahaya kafein yang akan berdampak pada tubuh kita ketika minum kopi atau teh dalam jumlah banyak.

Bahaya kafein bagi kesehatan tubuh jika konsumsi berlebihan

1. Tidur yang terganggu

Efek negatif pertama yang paling sering muncul bagi kebanyakan orang sudah tentu menjadi susah tidur. Orang yang mengkonsumsi kafein dengan orang yang tidak mengkonsumsinya sama sekali pasti akan mendapat kualitas tidur yang berbeda pada malam harinya.

Sebagaimana kita ketahui, Tidur merupakan aktivitas yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Jangan sekali-sekali melewatkan waktu tidur karena pasti akan jatuh sakit akibat melemahnya sistem imun tubuh.

Seseorang yang tidak terbiasa dengan asupan kafein tidak dianjurkan untuk minum kopi lebih dari secangkir setiap harinya. Selain itu minum pada malam hari juga sangat tidak dianjurkan karena akan menyebabkan susah tidur.

Jika anda pernah mengalami insomnia akibat kafein pada kopi sebaiknya segera hentikan agar tidak memperparah kondisi kesehatan badan.

2. Asam lambung

Sampai saat ini belum ada obat ampuh yang bisa menyembuhkan penderita asam lambung. Sensasi dada terbakar terutama ketika sedang tidur biasa terjadi pada para penderita asam lambung.

Setiap dokter atau pakar kesehatan tentu akan melarang dengan keras untuk meminum kafein karena bisa memperparah keadaan lambung bagi sang penderita.

Berbagai riset telah membuktikan kafein yang dikonsumsi secara berlebihan setiap hari dapat menyebabkan gastroesophageal reflux disease atau biasa kita sebut dengan GERD.

Mengganti kopi dengan teh jauh lebih baik karena kandungan kafein teh yang lebih rendah dari kopi. Meskipun demikian jika seseorang telah mengalami gejala asam lambung maka sebaiknya hentikan asupan kafein sama sekali.

3. Kesehatan jantung dan tekanan darah tinggi

Saat baru pertama kali minum caffeine pastinya akan membuat tubuh menjadi enerjik dan lebih bugar dari sebelumnya. Namun hal itu tidak berlangsung dengan lama karena beberapa jam setelahnya akan membuat tubuh menjadi pusing dan lemas.

Hasil uji klinis dari berbagai sumber telah membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi tinggi kafein pasti akan mengalami tekanan darah tinggi.

Kondisi tekanan darah tinggi yang terus dibiarkan dalam jangka lama akan menyebabkan gangguan kinerja jantung. Beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga bisa mengakibatkan penyakit stroke, baik pada otak maupun pembuluh darah lainnya.

Untuk menghindari hal buruk ini terjadi sebaiknya lakukan pengecekan tekanan darah secara berkala agar kondisi tubuh anda bisa selalu terkontrol dengan baik.

4. Menjadi tidak produktif keesokan harinya

Efek kafein ternyata sangat singkat sekali dan akan menyebabkan kelelahan pada otak sehingga menjadi susah untuk berpikir keesokan harinya. Hal ini bisa terjadi karena yang sebenarnya terjadi adalah kafein sebagai stimulan hanya memaksa otak untuk terus bekerja secara paksa.

Sehingga keesokan harinya otak akan mengalami kelelahan yang memerlukan istirahat antara 24 hingga 48 jam sebelum akhirnya bisa normal kembali.

Facebook Comments

Check Also

Manfaat minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak

Minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak

Berikut ini manfaat minum kafein bagi kesehatan tubuh dan otak. Kebanyakan orang pastinya sering minum …