Home / family & health / 8 Jenis Makanan Penyebab Alergi Bayi

8 Jenis Makanan Penyebab Alergi Bayi

Penyebab alergi bayi seringkali menjadi sebuah pertanyaan bagi banyak ibu-ibu yang baru saja melahirkan sang buah hati. Seiring dengan pertumbuhan bayi anda, ia akan mulai mencoba untuk makan makanan yang sama dari piring anda. Dan tentu saja anda pun akan berusaha untuk memberikan makanan terbaik untuk gizinya. Tapi harus diingat, tidak semua makanan baik untuk si kecil. Mereka bisa tersedak, atau belum bisa diterima oleh pencernaannya dan bisa saja makanan tersebut dapat menimbulkan alergi.

Dibawah ini jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan alergi pada bayi anda :

1. Putih telur
Anak anda mungkin sudah bisa makan telur setengah matang, tapi lebih baik menunggu sampai ia berusia 1 tahun untuk bisa menikmati putih telur. Karena protein yang tinggi mungkin dapat menyebabkan alergi. Jika anda masih ragu dan takut anak anda mendapatkan alergi dari putih telur anda bisa memberikannya di usia 2 tahun.

2. Madu
Madu dapat menyebabkan spora clostridium botulinum, penyebab botulism. Pada orang dewasa, tubuh mereka sudah dapat menahan perkembangan spora tersebut tetapi pada bayi spora ini dapat berkembang biak dengan baik dan bisa menjadi racun tubuh

3. Citrus
Memperkenalkan buah-buahan citrus dan juice sebelum usia 1 tahun dapat menimbulkan reaksi alergi terutama jika keluarga anda memiliki alergi keturunan.

4. Kacang-kacangan
Makanan jenis ini juga termasuk penyebab alergi bayi. Tunggu sampai anak anda menginjak umur satu tahun lebih jika anda ingin mengenalkan kacang-kacangan. Karena kacang merupakan penyebab paling tinggi timbulnya alergi. Jika anda punya alergi terhadap kacang, lebih baik tunggu anak anda berusia 3 tahun.

5. Produk gandum
Kebanyakan bayi sudah bisa menikmati gandum yg biasa ditemukan dalam sereal dan roti ketika mereka sudah berusia 6 sampai 8 bulan. Gandum adalah salah satu biji-bijian yg dapat menimbukan alergi. Jika anda peduli tentang alergi yg dapat menimpa anak anda, tunda untuk memberikan gandum sampai anak anda berusia 1 tahun

6. Kerang-kerangan
Makanan yg satu ini adalah yg paling beresiko dapat menimbulkan alergi. Tunda pemberiannya sampai anak anda berusia 1 tahun. Jika anda memiliki alergi terhadap kulit kerang, tunda untuk memberikannya pada anak anda sampai mereka berusia 3 atau 4 tahun.

7. Makanan lain yg berpotensial bisa menimbulkan alergi
Jika anda adalah keluarga yang memiliki riwayat alergi, anda mungkin juga harus menunda pemberian makanan seperti coklat, jagung, kedelai, atau apapun yg dapat menyebabkan anda alergi juga. Tunggu sampai usia anak anda 1 tahun. Tergantung berapa kuat alerginya anda, mintalah bantuan dokter untuk membuat keputusan.

8. Susu sapi
Sebaik berikan ASI pada anak anda, jika anda ingin memberikan susu formula lakukan saat ia berusia 1 tahun, karena bayi anda belum bisa mencerna protein dari susu sapi di tahun pertamanya, dan susu sapi tidak memiliki nutrisi dan mineral yg dibutuhkan anak anda saat itu dan hanya dapat membuat anak anda mengalami gangguan pencernaan.

Demikian 8 jenis makanan yang memiliki resiko sebagai penyebab alergi bayi jika dikonsumsi anak anda, semoga tulisan kecil ini bermanfaat buat pembaca.

Facebook Comments

About admin

Check Also

Asuransi allianz penipu

Asuransi Allianz penipu ? Anda percaya ?

Saya disini merupakan agen dari sebuah perusahaan asuransi nomor satu di dunia yaitu Allianz. Apakah ...

Apakah Anda Membutuhkan Perlindungan Financial Dari Sakit Kritis ?

Apakah perlindungan financial Anda sudah cukup ?

tekan tombol ESC untuk menghilangkan POP Up