Home / family & health / Cara Memijat Bayi Yang Benar Menurut Para Pakar

Cara Memijat Bayi Yang Benar Menurut Para Pakar

Memijat bayi dengan pijatan lembut tangan orangtua ke bayinya sangat bermanfaat, salah satunya membantu daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit, kuman dan virus. Karena sentuhan ke kulit bayi akan memberikan rangsangan dan rasa hangat pada badannya. Mengingat manfaat yang tidak kecil, sudah sepantasnya para orangtua mencoba terapi sentuhan ini pada bayi mereka.

Bagaimana cara memijat bayi yang benar? Ikuti tips-tips berikut ini

Sebelum bayi dipijat, lakukan langkah-langkah persiapan seperti :

– Mencuci tangan untuk mensterilkan dari kuman, virus, bakteri dll. Cucilah dengan sabun khusus pencuci tangan

– Pastikan kuku anda tidak panjang dan tajam, lepaskan perhiasan yg ada di jari-jemari, tangan yang bisa menggores permukaan kulit bayi

– Ruangan untuk memijat usahakan memiliki temperatur yang hangat, sirkulasi udara yang bagus dan tidak pengap

– Selama pemijatan memakan waktu lebih kurang 15 menit, jangan ada gangguan selama proses pemijatan yang menyebabkan terhentinya aktivitas memijat bayi.

– Bayi dialas dengan kain rata yang lembut dan bersih agar bayi nyaman selama proses pemijatan.

– Ayah/ibu yg memijat bayi berada dalam posisi yang nyaman dan leluasa

– Sebelum memulai memijat, mintalah izin pada bayi dengan cara membelai wajahnya sambil mengajak bicara.

Setelah melakukan persiapan itu, pemijatan dapat dimulai. Berikut ini contoh cara memijat beberapa bagian tubuh bayi :

1. Pijat kaki bayi
Mulailah dengan memegang kaki bayi pada pangkal paha seperti cara anda memegang pemukul softball. Gerakan tangan ke bawah secara bergantian seperti memerah susu sapi lalu diputar.
Pegang pangkal paha bayi dengan tangan secara bersamaan memeras dan memutar kaki bayi dengan lembut dari pangkal paha ke arah mata kaki. Kemudian, telapak kaki bayi diurut dengan dua ibu jari secara bergantian mulai dari tumit ke seluruh telapak kaki. Pijat jari kaki bayi yang mungil satu-persatu dengan memutar menjauhi telapak, diakhiri tarikan lembut di tiap ujung jari. Lalu, peras dan putar pergelangan kaki dengan ibu jari dan jari lain. Usap kaki bayi secara lembut dari pangkal paha hingga akhir.

2. Pijat Perut bayi
Pijat perut bayi dari atas ke bawah dengan lembut. Pijat perut mulai bagian kiri atas ke bawah dengan jari-jari tangan membentuk huruf I lalu L terbalik.

3. Pijat dada bayi
Buat gerakan ke atas sampai dengan bawah leher lalu kesamping kiri-kanan diatas tulang selangka membentuk gambar hati lalu kembali ke ulu hati. Gerakan diagonal di dada (huruf X) dari kiri ke kanan dada bayi.

4. Pijat lengan bayi
Lakukan teknik memeras dan memutar dengan kedua tangan dengan lembut mulai dari pundak ke pergelangan tangan. Dilanjut memijat telapak tangan dengan ibu jari mulai telapak hingga jari-jari. Usap punggung tangan dari arah pergelangan ke jari-jari dengan lembut. Peras sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.

5. Pijat wajah bayi
Ambil ibu jari anda lalu letakkan diantara alis mata si bayi. Lakukan pijatan dengan ibu jari secara lembut pada alis dan di atas kelopak mata. Pijat dari pertengahan alis turun ke bawah melalui samping lipatan hidung.

6. Pijat punggung bayi
Tengkurapkan melintang bayinya, pijat punggung bayi dengan gerakan maju mundur sepanjang punggung mulai dari pantat sampai leher bayi. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari mulai batas punggung sampai dengan pantat.

Demikian cara memijat bayi dengan benar, semoga tulisan kecil ini bermanfaat buat pembaca yang memiliki anak bayi dan ingin melakukan sendiri pijatan kepada buah hati tersayang.

Facebook Comments

About admin

Check Also

Asuransi allianz penipu

Asuransi Allianz penipu ? Anda percaya ?

Saya disini merupakan agen dari sebuah perusahaan asuransi nomor satu di dunia yaitu Allianz. Apakah ...

Apakah Anda Membutuhkan Perlindungan Financial Dari Sakit Kritis ?

Apakah perlindungan financial Anda sudah cukup ?

tekan tombol ESC untuk menghilangkan POP Up