Home / Notes / Definisi Sistem Politik Menurut Sudut Pandang Para Ahli
Samuel P. Huntington - World Economic Forum Annual Meeting Davos 2008
Samuel P. Huntington - World Economic Forum Annual Meeting Davos 2008

Definisi Sistem Politik Menurut Sudut Pandang Para Ahli

Sistem politik merupakan sistematika yang mengatur berjalannya tindakan yang dibutuhkan atas suatu kebutuhan kelompok atau organisasi. Sistem politik memiliki cakupan yang cukup luas dan merupakan pembelajaran universal. Berikut akan dijelaskan pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli.

Baca juga : Partisipatif Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia

Drs. Ir. Sukarno

Beliau mengemukakan bahwa sistem politik merupakan kombinasi dari gagasan, opini yang kemudian membentuk satu kesatuan yang saling terhubung antara satu sama lain. Serta sebagai landasan pengelolaan pemerintahan, melaksanakan dan menjaga kewenangan pemerintahan secara pengelolaan baik oleh perorangan maupun organisasi dengan kelompok lainnya serta dapat pula berupa negara satu dengan negara lainnya.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem politik adalah sistem yang mengatur jalannya sebuah perorangan, kelompok hingga negara secara terintegrasi. Landasan utama sistem dapat bergerak adalah adanya gabungan gagasan, opini, ide yang proaktif dan berkesinambungan dalam membangun sistem.

Kamus Besar Wikipedia

Menurut definisi yang tercantum di wikipedia. Pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli yang kemudian dikumpulkan menjadi satu dan di kemas. Maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem politik merupakan bagian dari perangkat sistem sosial. Perangkat sistem sosial ini kemudian diharapkan mampu menghasilkan produk politik yang menjawab problematika suatu negara.

Perangkat sistem sosial merupakan alat yang digunakan untuk mengatur, merancang, dan merumuskan suatu kepentingan umum. Dilakukan dan disahkan secara formal atau hukum yang berlaku di dalam sistem sosial tersebut untuk kemudian diberlakukan kepada masyarakat juga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sistem politik merupakan konektivitas antara pemerintahan dan masyarakat secara prosedural perumusan peraturan dan kepastian meliputi kebijakan bersama masyarakat dalam satu cakupan wilayah pemerintahan.

Secara bahasa dapat disimpulkan sistem politik merupakan alat yang menghubungkan pemerintahan dengan rakyatnya yang berada dibawah wilayah naungan pemerintahan tersebut. Hukum dan kebijakan dibuat dengan prosedur formal yang berlaku demi kemaslahatan bersama.

Gabriel Almond

Gabriel Almond adalah politikus dari United State of America yang dikenal dengan pendekatan komparatifnya terhadap ilmu politik. Menurut Gabriel  pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli kemudian beliau simpulkan sebagai sebuah sistem di dalam masyarakat independen dengan fungsi penggabungan dan penyesuaian.

Rusadi Sumintapura

Rusadi Sumintapura adalah seorang aktivis dan politikus ahli. Menurut beliau sistem politik adalah seperangkat prosedur dengan fungsi dan komponen politik serta mampu berinteraksi antara satu sama lain. Beliau juga menjelaskan terdapat budaya politik yang timbul dari sebuah sistem politik.

Budaya politik sendiri merupakan pola tingkah laku setiap individu dalam kelompok yang diatur etikanya sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama. Budaya politik muncul dari landasan sistem politik yang terbentuk dalam kelompok itu secara sendirinya.

Samuel P. Huntington

Samuel P. Huntington - World Economic Forum Annual Meeting Davos 2008
Samuel P. Huntington 

Samuel P. Huntington juga merupakan politikus ahli yang mendefinisikan sistem politik sebagai makna, sikap, penyesuaian, kepercayaan dan keyakinan signifikan tentang politik memiliki makna bagi masyarakatnya.

Prayetno

Prayetno yang merupakan pakar politik di Indonesia mengemukakan bahwa sistem politik merupakan lembaga pemerintahan atau pemerintah itu sendiri beserta kegiatan politik yang berlangsung dalam masyarakat yang berperan dalam transformasi prosedur kekuasaan dalam masyarakat.

Prof. Sri Sumantri

Prof. Sri Sumantri mengemukakan bahwa sistem politik merupakan hubungan dan interaksi pemerintah dengan masyarakat secara proses suprastruktur dan infrastruktur politik. Keduanya saling berhubungan satu sama lain dengan skema sebab akibat di masyarakat.

Pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli secara suprastruktur adalah hubungan dengan infrastruktur sebab dengan kegiatan yang mampu menopang kehidupan bermasyarakat akan menciptakan kondisi yang produktif. Sehingga mampu mendorong perubahan sosial kearah yang lebih baik.

Frederick W. Frey

Menurut pendapat dari Fredrick W. Frey sistem politik adalah hubungan dalam suatu masyarakat dengan yang berkuasa agar apa yang diharapkan dapat dibuat dan dilaksanakan. Secara sederhananya sistem politik menurut Frederick menghasilkan produk atas kehendak masyarakatnya.

Sistem politik menurut Frederick sangat sesuai dengan konsep politik demokrasi modern dimana peranan pemerintah dan rakyat adalah seimbang dalam menentukan kebijakan-kebijakan. Dengan harapan kepentingan umum dapat tercapai melalui kebijakan yang dibuat dan disepakati bersama.

David Easton

Menurut pendapat David Easton sistem politik merupakan suatu bentuk korelasi segala jenis perilaku sosial yang diinterpretasikan menjadi cakupan umum sehingga dapat diambil kebijakan dari relevansi tersebut. Kebijakan ini kemudian dijadikan acuan bagi pemerintahan untuk menjalankan apa saja yang menjadi kewenangan dan kewajibannya.

Drs. Abdul Kadir

Drs. Abdul Kadir adalah ahli politik yang pernah mengemukakan bahwa sistem politik merupakan sistem sah dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sistem yang menjaga ketertiban dan keamanan publik maupun sistem yang mampu merubah suatu kondisi masyarakat menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Robert A. Dahl

Robert A. Dahl adalah seorang filsafat dan ahli politik modern yang mengemukakan dalam salah satu bukunya bahwa sistem politik adalah sistem konsisten hasil dari interaksi masyarakat dengan kewenangan atau kekuasaan pemerintah yang mencakupi fungsi pengawasan, otoritas, yurisdiksi maupun dominasi.

Bahrudin Podomi

Bahrudin Podomi seorang ahli politik dari Indonesia mengemukakan dengan jelas bahwa sistem politik merupakan bentuk susunan sistem yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi sistematik, terorganisasi dengan variabel aspek-aspek internal juga eksternal.

Secara gamblang beliau mengemukakan sistem politik mengatur dan mengkoordinasi berbagai aspek internal maupun eksternal politik. Beliau menekankan sistem politik sebagai bagian dari instrumen atau alat dalam membentuk kondisi politik.

Rusadi Kantaprawira

Menurut pendapat Rusadi Kantaprawira yang merupakan seorang politikus ahli. Beliau menjelaskan bahwa sistem politik adalah prosedur sistematik serta cara kerja yang dilengkapi fungsi serta kontribusi dalam susunan politik dengan menciptakan interaksi baik secara internal maupun eksternal politik hingga merumuskan prosedur yang tetap.

Dr. Wiku Adisasmito

Dr. Wiku Adisasmito yang juga merupakan politikus ahli menjelaskan pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli sebagai sistem politik yang meliputi gagasan, ide dan prediksi visioner akan kekuasaan atau pemerintahan yang saling berkonsolidasi  antara masyarakatnya dengan pemerintah.

Sistem politik kemudian disini dapat disimpulkan sebagai instrumen konsolidasi untuk membentuk politik yang sesuai dengan harapan negara atau masyarakatnya. Sistem ini kemudian dirumuskan dan dibuat melalui langkan gagasan visioner yang diharapkan mampu mengcover kebutuhan dimasa yang akan datang.

Sukarna

Sukarna adalah salah satu ahli politik yang pernah mengemukakan dalam bukunya bahwa sistem politik adalah suatu bentuk prosedur untuk menjalankan otoritas di dalam negara, melaksanakan interaksi pemerintah dengan rakyat dan sebaliknya secara efisien, serta melaksanakan komunikasi yang baik antara pemerintah dan rakyat.

 Sistem politik sendiri menurut Sukarna memiliki banyak sekali cakupan di dalamnya. Karena diperlukan suatu sistem yang kompleks untuk melaksanakan sebuah kegiatan berpolitik. Karena politik sendiri harus menghadirkan produk kompleks dari berbagai kebutuhan dan permasalahan yang harus dihadapi sebuah pemerintahan.

Facebook Comments

Check Also

1 Peluang Bisnis Menjadi YouTuber di Indonesia

Peluang Bisnis Menjadi YouTuber di Indonesia

Ingin menjadi seorang YouTuber? Bidang pekerjaan yang satu ini memang termasuk salah satu bidang pekerjaan ...